Cara Mengatasi Daun Tomat Keriting Berdasarkan Penyebabnya

Daun tomat menjadi keriting bisa terjadi karena banyak faktor mulai dari faktor lingkungan, serangan hama dan penyakit serta kelalaian dalam proses budidaya. Keriting pada daun tomat sendiri bukanlah penyakit tetapi tanda dari adanya gangguan pada tanaman. Oleh karena itu sangat penting untuk memahami gejala yang diperlihatkan dari tanda daun keriting tomat tersebut untuk bisa mengambil tindakan pengendalian atau langkah pencegahan pada budidaya berikutnya.

Untuk anda yang sering menemukan gejala daun keriting pada tanaman tomat dan masih bingung cara untuk mengatasinya, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Daun Tomat Keriting

Penyebab Daun Tomat Menjadi Keriting Dan Cara Mengatasinya

Penyebab daun tomat keriting bisa dideteksi dengan melihat gejala yang terjadi. Setiap penyebab memiliki gejala tersendiri yang khas dan bisa dikenali. 

  • Gangguan Fisiologis

Gangguan fisiologis pada tanaman tomat dapat menjadi penyebab daun tomat menjadi keriting. Hal ini bisa terjadi karena kondisi yang terlalu kering atau panas berlebihan. Gejala bisa terlihat mulai dari daun di bagian bawah akan menggulung ke atas lalu menggulung ke dalam secara memanjang. Kondisi ini akan berubah jika kondisi lingkungan dan faktor budidaya dirubah untuk mengurangi stres tanaman tomat.

Jadi, untuk mengatasi masalah tersebut pastikan melakukan langkah budidaya tanaman tomat yang tepat. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui syarat tumbuh tanaman tomat sebelum mulai membudidayakan tanaman sayur berbuah tersebut.

Silahkan Baca: Syarat Tumbuh Tanaman Tomat.

  • Guncangan Saat Pindah Tanam

Keriting daun pada tanaman tomat juga bisa terjadi karena terjadinya guncangan saat pindah tanam. Meskipun masalah ini akan segera pulih seiring dengan perawatan tanaman yang baik, namun tetap harus berhati-hati pada saat proses penanaman. Bibit yang baru dipindahkan ke lahan tanamn cenderung lebih mudah stress dan itu bisa ditandai dengan daunnya yang menggulung ke atas, keriting.

Silahkan Baca: Cara Menanam Tomat Yang Benar.

  • Kerusakan Akar

Akar merupakan bagian tanaman yang berfungsi untuk menyerap nutrisi dan mineral dari dalam tanah. Jika terjadi masalah pada bagian akar maka secara otomatis akan berdampak pada tanaman secara keseluruhan. Terjadinya kerusakan pada bagian akar bisa ditandai dengan terlihatnya daun keriting pada daun tomat. Kerusakan akar tomat ini bisa terjadi karena adanya luka yang terjadi saat pemasangan ajir karena bagian akar terkena oleh bilah ajir. Selain itu kerusakan akar juga bisa terjadi karena adanya serangan virus mozaik tembakau (TMV).

Silahkan Baca: Cara Memasang Ajir Pada Tanaman Tomat.

  • Pemangkasan Berat

Pemangkasan berat juga bisa menjadi penyebab daun tomat menjadi keriting. Oleh karena itu perlu melakukan pemangkasan tanaman tomat pada waktu yang tepat, cara yang benar dan juga memotong bagian yang perlu dihilangkan saja. Ingat bahwa pemangkasan adalah proses melukai tanaman, jadi apabila tidak dilakukan dengan benar maka akan berdampak buruk pada tanaman tersebut.

Silahkan baca: Cara Pemangkasan Tomat Yang Benar

  • Kadar Nitrogen Tinggi

Kelebihan kadar nitrogen pada tanaman tomat akan menyebabkan klorosis daun yaitu daun menguning karena gagal membentuk klorofil atau zat hijau daun. Kerusakan berikutnya adalah nekrosis atau rusaknya sel atau jaringan daun sehingga daun berubah menjadi kering dan berwarna cokelat. Kadar nitrogen yang terlalu tinggi juga mempengaruhi ketersediaan unsur hara lain seperti fosfor, tembaga, seng, mangan, boron dan molibdenum. Kekurangan unsur borong dan molibdenum inilah yang membuat daun tomat menjadi keriting.

Cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan pemupukan seimbang pada tanaman tomat. Pemupukan seimbang artinya pemupukan tepat waktu, tepat cara, tepat jenis, tepat dosis, dan tepat tempat.

Silahkan Baca: Cara Pemupukan Tanaman Tomat Yang Tepat.

  • Kelembaban Berlebihan

Daun tomat menjadi stress bukan hanya disebabkan karena kondisi cuaca yang terlalu panas. Kondisi lingkungan pertanian yang terlalu lembab juga bisa menyebabkan daun tomat menggulung, keriting. Oleh sebab itu dibutuhkan sanitasi yang baik serta penyiraman secara teratur dengan dosis yang tepat. Meskipun tanaman tomat butuh disiram setiap hari tetapi memiliki batas toleransi kebutuhan air sehingga jangan sampai ada air yang menggenang di sekitar pohon tomat.

Silahkan Baca: Cara Menyiram Tomat Yang Benar.

  • Serangan Hama Thrips (Kutu Daun)

Penyebab daun tomat menjadi keriting berikutnya adalah karena adanya serangan dari Hama Thrips atau kutu daun. Hama Thrips menyerang daun tomat pada bagian pucuk atau daun muda dengan cara menghisap cairannya. Gejala serangannya dapat dikenali dengan adanya perubahan warna daun menjadi keperakan dan menggulung ke atas. Akibatnya daun menjadi kering, keriting, layu dan akhirnya mati. Dampak dari serangan hama ini membuat pertumbuhan tomat menjadi terganggu dan produksi buah tidak maksimal.

Pengendalian hama Thrips pada tanaman tomat bisa dilakukan dengan kultur teknis, pengendalian, fisik/ mekanis, pengendalian hayati dan pengendalian secara kimiawi.

Silahkan baca: Cara Pengendalian Hama Thrips Pada Tanaman.

  • Tomato Yellow Leaf Curly Virus (TYLCV)

Keriting daun tomat bisa disebabkan oleh virus TYLCV (Tomato Yellow Leaf Curly Virus) atau virus keriting daun kuning tomat. Virus ini disebarkan oleh kutu kebul yang menyerang daun tomat pada bagian daun muda atau pucuk. Serangan TYLCV ini menyebabkan daun tomat menggulung, mengeras, bertesktur kasar dan lebih tebal dibandingkan dengan daun tanaman normal. Daun tomat yang sudah terserang akan mengalami klorosis (Yellowing) dan mengerut/ keriting.

Adapun cara mengatasi serangan virus keriting daun kuning tomat ini adalah dengan menanam varietas yang tahan terhadap TYLCV, memusnahkan tanaman yang sudah terinfeksi dan membasmi hama kutu kebul yang menjadi vektornya.

Silahkan Baca: Cara Pengendalian Hama Kutu Kebul Pada Tanaman.

  • Virus Curly Top

Virus Curly Top menyebabkan daun tomat menjadi tebal, kaku dan menggulung ke atas. Daun bit menjadi bengkok atau keriting. Jika tanaman tomat yang terinfeksi masih mudah biasanya akan sangat sulit untuk bertahan hidup sementara jika yang terinfeksi sudah tua maka akan mengalami perlambatan pertumbuhan. Virus ini disebarkan oleh oleh hama wereng dengan sangat cepat.

Untuk mengatasi serangan virus curly top adalah dengan membasmi hama wereng terlebih dahulu sebagai vektor virusnya dan musnahkan tanaman tomat yang sudah terinfeksi.

Demikianlah ulasan tentang Penyebab Daun Tomat Keriting dan cara mengatasinya. Temukan Tips Pertanian lainnya pada postingan berikutnya. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama