Cara Memasang Ajir Tomat Agar Tanaman Tumbuh Kokoh

Tomat merupakan salah satu jenis tanaman yang membutuhkan ajir atau lanjaran untuk sandaran agar bisa tetap tegak. Jika tidak diberikan lanjaran maka tanaman tomat bisa rubah apabila sudah mulai berbuah apalagi jika buahnya lebat dan besar-besar. Oleh karena itu petani tomat perlu mempersiapkan bahan ajir pada awal masa tanam. Selain itu petani juga perlu mengetahui cara memasang ajir tomat yang benar agar tidak justru menyebabkan kerusakan pada tanaman tomatnya.

Jika anda petani tomat pemula yang ingin tahu cara memasang ajir pada tanaman tomat yang benar. Silahkan simak pembahasan dari Viotani berikut ini!

Cara Memasang Ajir Tomat

Apa Itu Ajir Tomat?

Ajir atau lanjaran merupakan sebuah alat bantu yang digunakan sebagai penyangga agar tanaman bisa tumbuh dengan tegak. Tomat merupakan salah satu jenis tanaman yang membutuhkan ajir agar mampu menopang pohonnya agar tetap tegak terutama saat mulai berbuah. Persiapan bahan ajir tomat ini harus dipersiapkan dari awal masa budidaya agar pemasangannya bisa dilakukan pada waktu yang tepat.

Waktu Pemasangan Ajir

Hal yang perlu diperhatikan dari cara memasang ajir tomat ini adalah waktu pemasangannya. Pemasangan sebaiknya dilakukan pada waktu yang tepat agar tidak berpengaruh pada kesehatan tanaman tomat. Untuk tomat yang dibudidayakan tanpa mulsa pemasangan bisa dipasang paling lambat 2 minggu setelah tanam. Sementara untuk yang menggunakan mulsa plastik sebaiknya dilakukan lebih awal yaitu maksimal 1 minggu setelah tanam.

Pemasangan ajir tomat yang terlambat bisa merusak akar tanaman. Kerusakan ini bisa terjadi saat menancapkan bilah ajir ke tanah bisa melukai akar tomat. Akar tomat yang sudah terluka sangat rentang terkena serangan layu bakteri.

Bahan Yang Digunakan

Pada dasarnya bahan yang digunakan untuk membuat ajir pada tanaman tomat bisa dengan memanfaatkan bahan disekitar seperti kayu atau bambu. Yang perlu diperhatikan adalah ukuran dan ketebalan dari bahan tersebut untuk memastikan kekuatannya. Jika terlalu tipis ditakutkan tidak mampu menopang tanaman tomat sehingga mudah rubuh. Anda bisa menggunakan ajir dengan panjang sekitar 70-125 cm dengan ketebalan 2cm dan lebar 4 cm.

Pilihan lain yang bisa anda gunakan adalah dengan membeli ajir siap pakai yang sudah banyak dijual di marketplace. Selain lebih mudah kekuatan ajir tentu sudah tidak diragukan lagi.

Cara Pemasangan Ajir Pada Tanaman Tomat

Sebelum memasang pastikan anda sudah tahu cara pemasangan ajir pada tanaman tomat. Jadi, ada dua teknik pemasangan ajir yang digunakan yaitu cara pemasangan ajir tegak dan miring. Pada dasarnya kedua teknik ini memiliki tujuan yang sama anda tinggal memilih mana yang akan digunakan. Adapun cara pemasangannya adalah sebagai berikut.

Cara pemasangan ajir tegak dilakukan dengan menancapkan ajir dengan tegak searah dengan pertumbuhan tanaman tomat. Selanjutnya pada bagian percabangan utama batang tanaman diikat dengan menggunakan tali rapiah dengan ikatan membentuk angka delapan. Cara pengikatan ini untuk menghindari terjadinya pergesekan secara langsung antara batang tanaman tomat dengan talia rapiah yang bisa menimbulkan luka gesekan.

Cara memasang ajir miring dilakukan dengan menyilangkan bilah ajir pada percabangan tanaman. Pada setiap pohon masing-masing dipasang satu ajir. Selanjutnya pada bagian ujung ajir dibuatkan keratan agar mudah diikat dengan tali rapiah. Pada bagian tajuk diberikan ajir tambahan berupa anyaman tali rapiah yang fungsinya untuk menopang tanaman tomat.

Baca juga: Cara Pemangkasan Tanaman Tomat.

Demikianlah pembahasan tentang Cara Memasang Ajir Tomat, semoga bermanfaat. Temukan Tips Budidaya Tanaman lainnya pada postingan berikutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama