10 Rekomendasi Dekomposer Terbaik Untuk Pembuatan Pupuk Kompos

Dekomposer terbaik tentunya sangat dibutuhkan untuk pembuatan pupuk kompos. Aktivator ini sangat dibutuhkan dalam dunia pertanian organik untuk menghasilkan pupuk berkualitas dengan cepat dengan hasil maksimal. Untuk anda yang saat ini sedang mencari dekomposer untuk mendukung pembuatan pupuk organik anda, silahkan simak ulasan berikut ini.

Dekomposer Terbaik

Dekomposer Terbaik

Dekomposer untuk pembuatan pupuk kompos dari segi bentuknya terbagi menjadi dua jenis yaitu dalam bentuk cair dan serbuk. Tentunya anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dari segi jumlah bahan kompos yang akan anda fermentasi. Silahkan langsung saja lihat rekomendasi Dekomposer terbaik berikut ini.

OrganoDEGRA

Dekomposer tercepat sepertinya bisa disematkan pada OrganoDEGRA. OrganoDEGRA adalah formula mikroba probiotik khusus untuk pendegradasi sampah organik menjadi kompos dengan proses yang cepat dan aman. OrganoDEGRA sangat di butuhkan untuk mendukung pertanian organik, sehingga kebutuhan kompos dapat di penuhi secara berkesinambungan. Proses dekomposisi sampah organik menjadi kompos hanya 7 – 14 hari.

GDM Black BOS

Dekomposer super aktif ini memiliki kandungan bakteri yang sangat banyak dan juga dilengkapi dengan penambat N dan Pelarut P dengan kadar air 12,3. GDM Black BOS (Bio Organic Stimulant) Mempercepat proses fermentasi kompos sehingga matang sempurna serta meningkatkan kualitas kompos. Dengan menambahkan larutan GDM Black BOS pada campuran pupuk kompos, dapat mencegah penyakit tanah yang menular dan menurunkan kadar polutan serta logam berat dalam tanah. Selain itu juga mengandung bakteri yang efektif untuk mempercepat proses fermentasi sehingga kualitas hasil fermentasi menjadi lebih baik dan kaya akan unsur hara.

  • Hydrofarm Bio Dekomposer
Hydrofarm Pro-Bio Decomposer

Dekomposert tanah dan sampah organik ini bisa menjadi pilihan tepat untuk pembuatan pupuk kompos. Bio Decomposter merupakan microba yang berfungsi sebagai pembuat kompos, digunakan bersama dengan Bio Booster. manfaatnya, Membuat tanaman menjadi sehat, Meningkatkan kesuburan tanah dan tanaman, Meningkatkan produksi tanaman dan Ketahanan terhadap hama dan penyakit.

Petrofast

Petrofast adalah cairan yang mengandung mikroba dekomposer bermanfaat yaitu Actinomycetes bacterium (Lignolitik), Streptomyces sp. Strain LD021 (Lignolitik), Streptomyces tumescens (Selulolitik) dan Trichoderma sp. (Selulolitik). Petrofast adalah pupuk hayati pengurai bahan organik untuk membuat/memproses kompos yang berkualitas.

  • M21 Decomposer
M-21 Decomposer

Dekomposer alami yang sangat cocok digunakan untuk pembuatan pupuk organik adalah M-21. Dekomposer M-21 sebagai Formula Fermentasi Pupuk Organik. Salah satu fungsi dari M21 Decomposer adalah formula untuk membuat fermentasi pupuk organik alami. M21 decomposer berfungsi sebagai pengurai dalam pembuatan fermentasi pupuk alami.

  • Biotama 3 Decomposer
Biotama 3

Biotama 3 merupakan bakteri pengurai yang berfungsi menghilangkan bau tak sedap pada WC, selokan, atau sampah. Produk ini mampu mengurangi populasi bakteri pembentuk hidrogen sulfida sehingga bisa menghilangkan bau busuk.

Biotama 3 juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau pada ternak, hewan peliharaan, kandang ternak, kotoran dan urine ternak sehingga bisa mengurangi & menghilangkan lalat yang ada di sekitar kandang. Mampu menguraikan secara optimal limbah organik, termasuk kotoran manusia dan urine, bisa mengurangi volume kotoran di septictank hingga 70 %, memperpanjang waktu pengurasan septictank.

  • Stardec
Stardec

Dekomposer terbaik dalam bentuk bubuk ini adalah piilihan tepat untuk membuat kompos dalam jumlah banyak. Aktivator Stardec bukannya kompos, melainkan pemacu atau starter mikroba pengompos sampah, khususnya kotoran ternak. Stardec ini diproduksi dari isolasi mikroba rumen (lambung pencernaan pertama sapi), usus besar, dan tanah hutan yang diperkaya dengan rhizo sphere dalam serta akar rumput Graminae. Stardec ini dapat di gunakan untuk mernpercepat pengomposan. Proses pengomposan yang biasa berlangsung 3-4 bulan dapat dipercepat menjadi 5 minggu.

  • Beka Dekomposer Plus
Beka Decomposer Plus

BeKa sebagai decomposer berguna untuk mempercepat perombakan dan peruraian bahan organik dari tanaman dan hewan dalam pembuatan kompos, BeKa juga dapat diaplikasikan langsung dilahan (insitu) dengan menyemprotkan BeKa ke sisa jerami untuk merombak dan mengurai sisa bahan organik menjadi kompos.

Kompos yang dihasilkan dengan menggunakan BeKa adalah kompos yang berkualitas karena dapat berfungsi sebagai Penyubur Tanah yang mampu menetralkan pH serta meningkatkan nilai Kapasitas Tukar Kation (KTK) dan Water Holding Capacity (WHC) lahan. Selain itu kompos yang dihasilkan juga mengandung unsur karbon (C), unsur hara makro (N, P, dan K), unsur  hara mikro ( Ca, Mg, Si, Fe, Mn, Mo, B, Cl, Zn, dan Cu), asam humat dan asam fulfat dalam jumlah cukup sehingga mampu mengembalikan kesuburan alam.

  • Decoprima
Decoprima

Mengandung mikroba pengurai selulotik, lignolitik, dan proteolitik yang efektif dalam mendekomposisi jerami padi, sisa tanaman, kotoran hewan ternak dan bahan organik lainnya. Efektif dalalm mensterilisasi tanah/media tanam dengan meningkatkan kandungan populasi mikroba tanah yang tidak bersifat patogenik. Efektif sebagai pengendali penyakit KRESEK dan BLASH pada padi. Kandungan mikroba bersifat mesofilik dan termofilik yang mampu aktif di suhu ruangan dan suhu tinggi.

  • EM4
EM4

EM-4 yaitu suatu cairan yang berwarna kecoklatan dan beraroma manis asam (segar) yang mana didalamnya terkandung campuran dari beberapa mikroorganisme hidup yang sangat bermanfaat dan menguntungkan guna proses penyerapan/persediaan unsur hara didalam tanah. Mikroorganisme bakteri yang berkarakter baik ini terdiri dari bakteri yang bermanfaat bagi tanah maupun tanaman. EM4 ini mengandung Bakteri Fermentasi, mulai dari Genus Lactobacillus, Jamur Fermentasi, Actinomycetes Bakteri Fotosintetik, Bakteri Pelarut Fosfat, dan juga Ragi.

EM4 ini sangat cocok sekali digunkanan untuk Tanaman Perkebunan, seperti Tanaman Hortikultura, Padi dan Palawija. Hal ini dikarenakan EM4 ini sifatnya yang tidak beracun dan tidak pula menimbulkan pencemaran.

Lihat Juga: 10 Rekomendasi Pupuk Kalium Cair Terbaik.

Demikianlah ulasan tentang Dekomposer terbaik, semoga bisa membantu anda dalam menemukan Aktivator terbaik untuk pembuatan pupuk kompos. Temukan juga informasi dan rekomendasi Pupuk Tanaman lainnya pada postingan berikutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama