Penyebab Daun Alpukat Kering Dan Cara Mengatasinya

Daun alpukat yang kering seperti terbakar merupakan salah satu jenis penyakit yang sering ditemukan pada tanaman buah dengan rasa gurih ini. Penyebab daun alpukat kering bisa terjadi karena beberapa hal seperti paparan sinar matahari berlebih, tingginya kandungan garam dalam tanah, kondisi tanah yang terlalu kering dan juga karena adanya serangan hama. Untuk mengatasi masalah tersebut tentunya harus dikenali dulu penyebabnya agar dapat melakukan langkah pengendalian yang tepat.

Penyebab Daun Alpukat Kering

Apa Penyebab Daun Alpukat Kering?

Secara umum kondisi lahan budidaya alpukat yang terlalu kering atau diluar atas syarat tumbuh tanaman alpukat menjadi penjadi penyebab masalah daun alpukat menjadi kering seperti terbakar. Namun beberapa kondisi spesifik bisa terjadi dan perlu langkah tepat untuk mengatasinya. Berikut ini ulasan selengkapnya.

  • Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Paparan sinar matahari yang berlebihan menjadi penyebab daun alpukat kering dan terlihat seperti terbakar. Ancaman paparan sinar matahari berlebih ini paling rentang terjadi pada tanaman alpukat yang baru dipindahkan ke lahan tanam. Oleh karena itu sangat penting untuk membuat naungan sampai tumbuh tunas-tunas baru atau sekitar 2-3 minggu setelah tanam. Pada kondisi cuaca ekstrem dengan panas matahari yang berlebihan maka semua usia tanaman bisa terdampak. Idealnya tanaman alpukat tumbuh baik pada suhu sekitar antara 15-30 Derajat Celcius.

  • Tingginya Kadar Garam Dalam Tanah

Penyebab daun alpukat kering berikutnya adalah tingginya kadar garam dalam tanah. Penyebab tingginya kadar garam ini bisa terjadi secara alamiah yaitu proses pencucian mineral dalam tanah dan pelepasan garam yang pada akhirnya akan terjadi penumpukan. Hal lain yang menyebabkan penumpukan kadar garam dalam tanah adalah residu dari penggunaan pupuk anorganik (Kimia). Tanah kering paling berpotensi terjadi penumpukan kadar garam karena ketiadaan air untuk mencuci kadar garam yang terus menerus dilepaskan dalam tanah. Ion garam yang berkontribusi pada peningkatan kadar garam tanah yaitu Na+, K+, Ca2+, Mg2+, dan Cl-. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu melakukan penyiraman tanaman alpukat secara berkala terutama pada musim kemarau.

  • Tanah Terlalu Kering

Tanah yang terlalu kering berhubungan dengan tingginya kadar garam dalam tanah. Selain itu tanah kering menjadi penyebab daun alpukat kering karena kurangnya asupan air yang dibutuhkan tanaman alpukat. Sebagaimana diketahui bahwa air dibutuhkan sebagai pengisi cairan dalam tubuh tanaman, melarutkan unsur hara yang terdapat di dalam tanah, membantu penyerapan unsur hara dari dalam tanah melalu akar tanaman dan juga berperan untuk mengangkut unsur hara ke seluruh organ tubuh tanaman. Mengatasi masalah tanah terlalu kering tentu saja adalah dengan melakukan penyiraman secara rutin sampai kondisi tanah ideal untuk pertumbuahan tanaman alpukat.

  • Serangan Hama

Masalah daun alpukat kering juga bisa terjadi karena adanya serangan hama. Hama penyebab daun kering pada tanaman alpukat adalah tungau merah (Tetranychus cinnabarinus Boisd). Gejala serangan tungau merah ditandai dengan adanya bintik kuning pada permukaan daun, bintik tersebut lama kelamaan akan berubah menjadi merah lalu daun akan kering, layu dan rontok. Serangan hama tungau merah ini biasanya terjadi pada kondisi kering atau musim kemarau. Untuk mengatasi serangan hama tersebut bisa dilakukan dengan membuat pestisida nabati dengan menggunakan Ekstrak ketumbar. Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan akarisida berbahan aktif Dikofoldan.

Lihat Juga: Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Bawang Merah Serta Cara Mengatasinya.

Demikianlah ulasan tentang Penyebab Daun Alpukat Kering Dan Cara Mengatasinya, semoga bermanfaat. Temukan juga Informasi Pertanian lainnya pada postingan berikutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama