Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Cair Untuk Tanaman Padi

Pupuk organik cair herbafarm merupakan salah jenis pupuk organik yang bisa diaplikasikan untuk semau jenis tanaman, salah satunya untuk tanaman padi. Penggunaan pupuk herbafarm cair untuk tanaman padi sangat mudah karena bisa dilakukan dengan cara penyemprotan selama masa perawatan. Yang perlu diperhatikan adalah dosis dan waktu aplikasinya agar hasilnya bisa maksimal.

Herbafarm Cair Untuk Padi

Cara Aplikasi Pupuk Herbafarm Cair Pada Tanaman Padi

Penggunaan pupuk herbafarm cair untuk tanaman padi dilakukan secara bertahap sesuai dengan tahapan budidayanya. Aplikasi pertama kali dilakukan pada saat persiapan benih sebelum penyemaian, selanjutnya pada saat persiapan media semai, lanjut pada pengolahan lahan dan terakhir pada saat perawatan tanaman selama masa tanam. Adapun rincian tahapan aplikasinya adalah sebagai berikut:

Perendaman Benih

Aplikasi pupuk herbafarm cair pada proses budidaya tanaman padi adalah pada saat perendaman benih sebelum tanam. Perendaman dilakukan selama 1 malam (12 jam) menggunakan larutan herbafarm cair. Dosis yang digunakan adalah 10 ml liter herbafarm cair dicampur dengan 5 liter air. Banyaknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau jumlah benih yang akan direndam.

Perendaman benih padi dilakukan untuk mencegah penyakit tular bibit dan juga mempercepat proses perkecambahan. Hal ini karena adanya kandungan ZPT pada pupuk herbafarm yang berfungsi untuk mempercepat perkecambahan benih padi. 

Persiapan Media Semai

Pemakaian pupuk herbafarm cair berikutnya adalah pada saat persiapan media semai. Sebagaimana diketahui bahwa salah satu teknik budidaya tanaman padi melewati proses penyemaian terlebih dahulu. Namun jika anda tidak menggunakan cara ini tentu saja bisa melewatkannya.

Setelah media semai disiapkan maka aplikasi pupuk herbafarm cair dilakukan dengan cara menyemprot media semai tersebut dengan larutan herbafarm. Dosis yang digunakan adalah 60 ml untuk 1 tangki kapasistas 14 liter air. Penyemprotan dilakukan secara merata pada media semai kemudian didiamkan selama 1 minggu sebelum tabur benih.

Pengolahan Tanah

Aplikasi pupuk herbafarm cair pada proses budidaya tanaman padi yang tidak kalah pentingnya adalah pada saat persiapan lahan. Cara penggunaannya sama saja dengan persiapan media semai baik dari segi dosis dan tekniknya. Jadi, penyemprotan pupuk herbafarm dilakukan setelah melakukan proses olah tanah dan satu minggu sebelum penanaman.

Tujuan penyemprotan larutan pupuk herbafarm cair pada lahan budidaya padi adalah untuk mencegah penyakit tular tanah dan mempersiapkan nutrisi untuk bibit padi yang akan ditanam nantinya.

Perawatan Tanaman Padi

Setelah melakukan penanaman bibit padi maka langkah selanjutnya adalah proses perawatan. Pada masa perawatan ini aplikasi harus dilakukan secara berkala agar hasilnya bisa maksimal. Maka sebaiknya dibuatkan tabel pemupukan tanaman padi agar proses pemupukannya bisa sesuai dengan jadwal.

Adapun dosis aplikasi dan jadwal pemupukan tanaman padi menggunakan pupuk organik cair Herbafarm adalah adalah sebagai berikut:

  1. Usia 7 HST menggunakan dosis 30 ml untuk tangki 14 liter air
  2. Usia 14 HST menggunakan dosis 30 ml untuk tangki 14 liter air
  3. Usia 21 HST menggunakan dosis 30 ml untuk tangki 14 liter air
  4. Usia 28 HST menggunakan dosis 30 ml untuk tangki 14 liter air
  5. Usia 42 HST menggunakan dosis 40 ml untuk tangki 14 liter air
  6. Usia 56 HST menggunakan dosis 40 ml untuk tangki 14 liter air

Aplikasi dilakukan dengan cara menyemprotkan secara merata ke seluruh bagian tanaman. Untuk hasil terbaik dan lebih merata sebaiknya setel nozel sprayer sampai keluaran yang paling halus. Pemupukan dilakukan pada pagi hari sebelum pukul 08.00 atau sore hari setelah pukul 16.00.

Catatan: 

  • 10 ml sama dengan 1 tutup botol kemasan pupuk herbafarm cair
  • HST adalah hari setelah tanam
  • Untuk hasil maksimal kombinasikan dengan penggunaan pupuk kandang/ kompos atau pupuk Herbafarm Granul.
  • Penggunaan pupuk herbafarm cair tidak boleh dilakukan bersamaan atau dicampur dengan pupuk kimia atau pestisida. Jika ingin menggunakan pupuk kimia atau pestisida gunakan 5-7 hari sebelum atau setelah aplikasi pupuk herbafarm cair.

Lihat Juga: Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Cabe

 Tentang Produk

Demikianlah ulasan tentang cara penggunaan pupuk organik cair herbafarm untuk tanaman padi, semoga bermanfaat. Temukan juga dan rekomendasi Pupuk Tanaman lainnya pada postingan berikutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama