Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Cair Untuk Tanaman Cabe

Cara penggunaan pupuk herbafarm cair untuk tanaman cabe dan tanaman lainnya terutama pada tanaman buah dan tanaman perkebunan tidak sama. Perbedaannya terletak dari segi dosis dan teknik penggunaannya. Hal ini tentu saja disebabkan karena jumlah kebutuhan nutrisi yang berbeda dari tanaman tersebut. Untuk anda yang saat ini sedang membudidayakan tanaman cabe dan ingin mengaplikasikan pupuk herbafarm, silahkan ikuti panduan berikut ini.

Herbafarm Cair Untuk Cabe

Cara Pemakain Pupuk Herbafarm Cair Pada Tanaman Cabe

Penggunaan pupuk herbafarm cair untuk cabai dilakukan pada setiap fase budidaya yaitu mulai dari persiapan benih sampai tanaman cabe mulai produksi. Adapun tahapan aplikasinya adalah sebagai berikut:

  • Perendaman Benih

Aplikasi pupuk herbafarm cair pada tanaman cabai dimulai pada saat perendaman benih yang sekaligus berfungsi sebagai seleksi bibit tahap awal. Benih atau biji cabai direndam dengan menggunakan larutan herbafarm menggunakan dosis 10 ml (1 tutup botol) untuk 5 liter air. Pada saat perendaman ini bisa dilakukan seleksi yaitu membuang biji cabai yang mengambang karena memiliki kualitas buruk.

Selain melakukan seleksi perendaman benih cabai juga bertujuan untuk mempercepat proses perkecambahan benih cabai dan melindungi benih dari penyakit tular bibit. Aritnya bahwa proses perendaman ini adalah pemberian nutrisi awal pada benih cabe agar bisa tumbuh dengan maksimal.

Perendaman dilakukan selama 30 menit selanjutnya dikeringkan pada wadah kertas atau kain tipis yang diletakkan pada ruangan teduh, tidak terpapar sinar matahari langsung. Setelah biji cabai kering selanjutnya siap dipindahkan ke media semai.

  • Persiapan Media Semai

Pemakaian pupuk herbafarm cair pada budidaya tanaman cabai selanjutnya adalah pada saat persiapan media semai. Semprotkan larutan pupuk herbafarm cair secara merata pada media semai yang sudah disiapkan. Dosis yang digunakan adalah 30ml untuk 14 liter air. Setelah penyemprotan diamkan media semai selama 1 minggu sebelum memasukkan benih.

  • Perawatan Bibit

Penggunaan pupuk herbafarm cair berikutnya adalah pada masa perawatan bibit cabai. Penyemprotan pertama kali dilakukan 7 hari setelah memasukkan benih cabai ke dalam media semai. Dosis yang digunakan adalah 30ml per tangki 14 liter air. Cara penyemprotannya adalah menyetel nozel sampai tingkatan paling halus kemudian menyemprotkan secara merata sampai media semai terlihat basah dan lembab. Penyemprotan dilakukan secara berkala setiap 7 hari sekali sampai bibit siap dipindahkan ke lahan tanam.

  • Persiapan Lahan Tanam

Aplikasi pupuk herbafarm cair pada budidaya tanaman cabai berikutnya adalah pada saat persiapan lahan yaitu setelah olah lahan dan sebelum pemindahan bibit. Lahan yang sudah disiapkan disemprot secara merata dengan menggunakan larutan pupuk herbafarm dengan dosis 60ml dicampurkan dengan 14 liter air dalam 1 tangki.

Penyemprotan dilakukan secara merata ke media tanam (bedengan) sampai tanah terlihat basah dan lembab. Setelah penyemprotan diamkan selama 1-2 minggu sebelum penanaman bibit.

  • Perawatan Tanaman Cabe

Tahapan penting penggunaan pupuk herbafarm cair untuk cabe adalah pada masa perawatan tanaman atau setelah penanaman bibit. Aplikasi sebaiknya dilakukan secara rutin dengan membuat tabel pemupukan cabe agar pemenuhan kebutuhan nutrisi tanaman cabai terpenuhi dengan baik. Adapun jadwal pemupukan tanaman cabe menggunakan pupuk herbafarm cair adalah sebagai berikut:

  1. Usia cabe 1 bulan: Penyemprotan dilakukan setiap 1 minggu sekali dengan menggunakan dosis 30ml per tangki 14 liter air. Aplikasi pertama kali dilakukan saat tanaman cabe berusia 7 HST. Penyemprotan dilakukan secara merata pada seluruh bagian tanaman dan area pengakaran.
  2. Usia cabe 2 bulan: Pada saat tanaman cabe memasuki usia bulan kedua, aplikasi dilakukan dengan menggunakan dosis 30ml dengan rentang 2 minggu sekali. Aplikasi dilakukan dengan menyemprotkan larutan herbafarm secara merata ke seluruh bagian tanaman dan area pengakaran tanaman cabai.
  3. Usia cabe 3 bulan dan seterusnya: Pemupukan tahap ketiga dan tahap selanjutnya dilakukan dengan menggunakan dosis 40ml per tangki 14 liter air. Penyemprotan difokuskan pada area pengakaran tanaman. Aplikasi dilakukan setiap 2 minggu sekali sampai tanaman cabai mulai berbunga.
  4. Setelah panen: Aplikasi pupuk herbafarm berikutnya adalah setelah melakukan panen buah cabe. Untuk dosis yang digunakan yaitu 40ml per tangki 14 liter air. Fokus penyemprotan diarahkan pada area pengakaran tanaman cabe.
Catatan: Saat tanaman cabai mulai berbunga dan masuk jadwal pemupukan, maka tidak perlu dilakukan pemupukan sampai bunga telah berubah menjadi buah.

 Lihat Juga: Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Cair Untuk Tanaman Durian.

Tentang Produk

Pupuk Herbafarm Cair Kemasan 1 Liter

Demikianlah ulasan tentang Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Cair Untuk Tanaman Cabe, semoga bermanfaat. Temukan informasi Cara Aplikasi pupuk Herbafarm pada tanaman lainnya pada postingan berikutnya.


 web.viotani.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama