Cara Pemangkasan Tomat Agar Berbuah Besar

Pemangkasan tanaman tomat merupakan salah satu langkah perawatan agar menghasilkan buah yang besar. Cara pemangkasan tomat tentunya membutuhkan pengetahuan tersendiri agar tidak salah dalam melakukannya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu waktu pemangkasan, alat yang digunakan, bagian yang perlu dipangkas dan tujuan pemangkasannya.

Nah pada kesempatan kali ini Viotani akan berbagi tips tentang Cara Pemangkasan Tomat Agar Berbuah Besar. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Cara Pemangkasan Tomat

Cara Pemangkasan Tomat Yang Benar Agar Menghasilkan Buah Yang Besar

Cara pemangkasan tomat harus dilakukan dengan benar karena kegiatan ini sebenarnya adalah proses melukai tanaman tomat. Oleh karena itu tindakan tersebut jangan sampai menjadi penyebab tanaman tomat menjadi terserang penyakit atau bahkan berujung pada kematian. Maka dibutuhkan pengetahuan teknis sebelum melakukan aktivitas pemangkasan tersebut.

Adapun beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mulai memangkas tanaman tomat adalah sebagai berikut:

  • Varietas Tomat Yang Bisa Dipangkas

Hal pertama yang perlu diketahui adalah jenis tomat yang dibudidayakan. Secara umum ada dua jenis varietas tomat yaitu Determinate dan indeterminate. Varietas Determinate merupakan jenis tomat yang bisa menopang dirinya sendiri sebelum tumbuh menjadi semak. Secara alami varietas ini memfokuskan energinya untuk berbuah dan akan berhenti tumbuh setelah mulai berbuah. Varietas Indeterminate tumbuh merambat sehingga dibutuhkan ajir (penyangga) agar bisa tegak. Untuk bisa tumbuh maksimal dan memproduksi buah dengan baik perlu dipangkas karena akan terus menghasilkan cabang baru.

  • Waktu Pemangkasan

Setelah mengetahui varietas tomat yang membutuhkan pemangkasan maka langkah selanjutnya adalah memahami kapan waktu untuk melakukan pemangkasan. Kesalahan dalam pemilihan waktu pemangkasan bisa berisiko terhadap pertumbuhan tanaman tomat. Adapun waktu yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Pemangkasan sebaiknya dilakukan saat tinggi tanaman tomat sudah mencapai 30 cm. Jika pemangkasan dilakukan pada tanaman tomat yang terlalu pendek atau masih mudah berisiko menyebabkan kematian.
  2. Pemangkasan sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan saat kondisi cuaca sedang cerah agar luka pangkas cepat kering. Luka pangkas berisiko terkena penyakit jika terlalu lama kering.

  • Alat Yang Digunakan Untuk Memangkas

Alat pemangkas yang digunakan untuk memangkas tanaman tomat juga perlu diperhatikan. Pastikan pisau atau gunting yang digunakan cukup tajam agar luka pangkas yang dihasilkan rapi. Selain itu jika alat pangkas yang digunakan sering digunakan untuk memangkas tanaman lain pastikan sudah disterilkan. Anda bisa menggunakan alkohol untuk proses sterilisasi gunting atau pisau.

  • Bagian Tomat Yang Boleh Dipangkas

Hal paling penting diperhatikan dalam pemangkasan tanaman tomat adalah mengetahui bagian-bagian yang boleh atau harus dipangkas. Ingat bahwa tujuan pemangkasan ini adalah untuk melakukan perawatan jadi pastikan bagian yang dibuang tidak dibutuhkan atau tidak sesuai dengan tujuan budidaya tomat. Adapun beberapa bagian tomat yang perlu dibuang pada masa perawatan adalah sebagai berikut:

  1. Daun Yang Menyetuh media Tanam: Daun yang menyentuh media tanam ini sebaiknya segera dipangkas karena sangat rentan terserang hama atau penyakit. Selain itu bagian daun ini sangat berisiko menyebarkan hama dan penyakit ke bagian lain atau tanaman di sekitarnya.
  2. Daun Yang Berawarna Kuning atau Terserang Penyakit. Daun tomat yang berwarna kuning ini biasanya sudah terserang penyakit. Oleh sebab itu jika segera dibuang maka risiko penularan penyakit ke bagian lain bisa ditekan.
  3. Daun yang menutupi Buah Tomat. Jika banyak daun yang menutupi buah tomat artinya pohon tomat itu terlalu rimbun dan rentan terkena serangan hama dan penyakit. Daun tersebut juga menghalangi penyemprotan pestisida saat melakukan tindakan pengendalian hama dan penyakit.
  4. Tomato Sucker. Istilah ini adalah untuk tunas baru yang tumbuh disela-sela batang tomat. Tunas ini tidak menghasilkan buah dan hanya menghisap nutrisi saja. Jadi sebaiknya singkirkan saja semua tunas yang muncul dibawah tandan buah pertama.
  5. Cabang tidak berbunga. Pada masa perawatan terutama jika sudah memasuki waktu berbuah perlu diperhatikan cabang yang tidak menghasilkan bunga. Cabang tersebut sebaiknya dibuang saja agar nutrisi bisa lebih banyak diserap oleh bagian yang menghasilkan bunga.
  6. Pemangkasan Batang. Apabila diatas tandan buah yang kelima terdapat dua helai daun yang tumbuh, maka saatnya batang tersebut dipotong. Tujuan dari pemangkasan ini adalah untuk mempercepat proses pemasakan buah.
  7. Pemangkasan Bunga Dan Buah. Cara pemangkasan tomat ini dilakukan jika anda mengingingkan buah tomat yang besar dan seragam. Namun jika ukuran buah tomat tidak penting bagi anda maka biarkan saja semua bunga atau buah menjadi buah yang matang. Namun jika anda menginginkan buah tomat yang besar maka buanglah sebagian bunga atau buah dengan menyisakan 6-8 buah saja.

Demikianlah pembahasan tentang Cara Pemangkasan Tomat Agar Berbuah Besar, semoga bermanfaat. Temukan Tips Budidaya Tanaman lainnya pada postingan berikutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama