Cara Mengatasi Buah Tomat Busuk Berdasarkan Penyebabnya

Buah tomat busuk tentunya tidak dapat dijual atau dikonsumsi sendiri sehingga menjadi kegagalan bagi petani. Masalah ini sering dialami petani dan masih banyak yang kebingungan tentang cara mengatasinya. Untuk mengatasi masalah busuk buah pada tanaman tomat tentu saja harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab buah tomat menjadi busuk, mulai dari faktor lingkungan, ketersediaan nutrisi, sampai serangan hama dan penyakit. Seperti apa cara mengatasinya? Langsung saja simak ulasan dari Viotani berikut ini!

Buah Tomat Busuk

Penyebab Buah Tomat Menjadi Busuk Dan Cara Mengatasinya

Kesalahan dalam penanganan penyakit busuk buah pada tanaman tomat bisa terjadi karena petani tidak memahami apa yang menjadi penyebabnya. Oleh karena itu para petani tomat perlu mengenali ciri-ciri kerusakan buah tomat untuk memprediksi penyebab dan mempersiapkan cara pengendaliannya. Berikut ini beberapa penyebab buah tomat busuk dan cara mengatasinya.

  • Pengaruh Iklim

Tanaman tomat pada dasarnya memiliki tingkat adaptasi yang tinggi sehingga bisa ditanam di berbagai mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi. Namun, tanaman tomat sangat sensitif terhadap perubahan cuaca secara ekstrim. Perubahan secara tiba-tiba dari hujan ke panas yang berlebihan dapat menyebabkan buah pecah. Buah yang sudah pecah tentu saja mudah menjadi busuk apalagi jika belum siap panen.

Untuk mengatasi masalah tersebut para petani perlu bersiap dengan menanam varietas yang lebih tahan terhadap cuaca ekstrem atau varietas yang tidak mudah pecah. Hal ini disebabkan karena tentu saja petani tidak memiliki kemampuan untuk merekayasa iklim, karena sudah menjadi ketetapan yang maha kuasa.

  • Pemenuhan Nutrisi

Untuk dapat tumbuh subur dan menghasilkan produksi yang maksimal secara kualitas dan kuantitas tentu saja tanaman tomat membutuhkan nutrisi yang cukup. Masalahnya adalah jika budidaya tomat menggunakan konsep pertanian organik dengan memanfaatkan limbah yang ada di sekitar, tidak menggunakan pupuk buatan pabrik. Nutrisi yang diberikan tentunya tidak memiliki takaran yang jelas sehingga kelebihan dan kekurangan unsur hara tertentu bisa saja terjadi.

Buah tomat menjadi busuk bisa terjadi karena kekurangan kalsium dan boron. Kedua unsur hara ini sangat penting bagi pembentukan buah sehingga saat memasuki masa generatif pemupukan secara seimbang sangat perlu diperhatikan.

Silahkan Baca: Cara Pemupukan Tanaman Tomat.

  • Serangan Hama

Serangan hama pada buah tomat tentunya memiliki gejala tersendiri yang bisa ditandai. Hama yang menyerang buah tomat adalah ulat penggerek buah dan lalat buah. Kedua jenis hama ini menyebabkan buah busuk dari dalam karena larva yang berkembang di dalam buah tomat. Gejala serangan hama ini bisa ditandai dengan adanya bercak atau bulatan kecil pada buah tomat yang merupakan bekas dari serangga dewasa saat menyuntikkan telur ke dalam buah.

Untuk mengendalikan serangan hama ini dapat dilakukan dengan menggunakan kultur teknis, pengendalian fisik/ mekanis, pengendalian hayati dan pengendalian kimiawi. Pilihan untuk menggunakan insektisida kimia sebaiknya dilakukan saat serangan hama ini mulai parah dan tidak bisa dikendalikan secara fisik/ mekanis dan hayati.

Silahkan Baca: Cara Pengendalian Hama Ulat Buah Pada Tanaman Tomat.

  • Serangan Penyakit

Selain serangan hama, adanya virus yang menyerang tanaman tomat juga dapat menyebabkan buahnya menjadi busuk. Ada dua jenis penyakit yang dapat menyebabkan buat tomat menjadi busuk yaitu karena serangan penyakit Antraknosa dan Penyakit Hawar Phytopthora. Kedua jenis penyakit ini memiliki gejala yang berbeda. Jadi, jangan sampai salah dalam penanganannya.

Penyakit Antraknosa membuat buah tomat berubah warna menjadi seperti terkena sengatan sinar matahari dan busuk basa berwarna hitam. Sementara penyakit Phytophora menyebabkan perubahan warna menjadi hijau dan busuk basah, buah yang mulai terinfeksi akan mengering dan keriput.

Untuk mengendalikan penyakit antraknosa dapat dilakukan secara manual dengan membuat semua buah yang sudah terinfeksi. Selanjutnya untuk pengendalian kimiawi dapat menggunakan fungisida. Hal yang sama bisa dilakukan untuk pengendalian penyakit Hawar Phytopthora.

Baca Juga: Penyebab Daun Tomat Keriting Dan Cara Mengatasinya.

Demikian pembahasan tentang Cara Mengatasi Buah Tomat Busuk Berdasarkan Penyebabnya, semoga bermanfaat. Temukan Tips Budidaya Tanaman lainnya pada postingan berikutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama