Cara Menyiram Tanaman Tomat Agar Sesuai Dengan Kebutuhan Pertumbuhannya

Tomat merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat cocok di tanam pada iklim kering. Namun bukan berarti tanaman tomat tidak membutuhkan air. Oleh karena itu perlu pengaturan waktu penyiraman serta banyaknya air yang digunakan agar sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan dan produksi buahnya. Kekurangan air akan menyebabkan melambatnya pertumbuhan dan tanaman menjadi kerdil. Sementara kelebihan air akan membuat tanaman tomat justru mudah terserang penyakit dan mati.

Pada kesempatan kali ini Viotani akan berbagi tips tentang cara menyiram tanaman tomat agar sesuai dengan kebutuhannya. Langsung saja simak ulasannya berikut ini!

Cara Menyiram Tanaman Tomat

Cara Menyiram Tanaman Tomat Yang Tepat

Cara menyiram tanaman tomat yang tepat adalah dengan menyesuaikan waktu penyiraman, cara dan juga jumlah air yang digunakan. Penyiraman di waktu yang salah akan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan tanaman bahkan bisa berdampak pada kematian tanaman. Cara penyiraman yang tidak tepat juga bisa membuat tanaman menjadi rebah dan pertumbuhannya terganggu. Sementara dosis atau banyaknya air yang digunakan bisa menjadi pemicu serangan penyakit pada tanaman tomat.

Oleh karena itu penyiraman harus dilakukan secara teratur, efektif dan efiesin. Cara penyiraman yang tepat adalah sebagai berikut.

  • Waktu Penyiraman

Penyiraman tanaman tomat sebaiknya dilakukan setiap dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Pada pagi hari penyiraman bertujuan untuk menjaga kelembaban tanah agar tanaman tomat tidak setres menghadapi teriknya sinar matahari di siang hari. Sementara penyiraman pada siang hari bertujuan untuk menggantikan air yang mengalami penguapan pada siang hari agar kebutuhan air tetap bisa terpenuhi sampai pagi hari lagi.

Waktu penyiraman sebaiknya dilakukan maksimal sampai pukul 09.00 pada pagi hari. Sementara pada siang hari sebaiknya dimulai pada pupuk 16.00 sampai pukul 18.00 agar bagian daun sudah kembali kering saat malam hari.

  • Cara Penyiraman

Penyiraman tanaman tomat harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak membuat pohon tomat menjadi rebah terutama pada bibit yang baru dipindahkan ke lahan tanam. Proses penyiraman sebaiknya menggunakan gembor dengan keluaran yang halus atau menggunakan alat spray atau semprotan. Penyiraman dilakukan sampai tanah terlihat lembab tetapi tidak sampai tergenang.

Pada saat penyiraman usahakan semua bagian tanaman tomat terkena air mulai dari daun sampai pangkal batang.

  • Dosis Penyiraman

Menyiram tanaman tomat bertujuan untuk memberikan ketersediaan air yang cukup untuk tanaman tomat. Jika kekurangan air maka tanaman tomat akan kerdil sehingga pertumbuhan dan produksi buahnya terganggu. Sementara jika kelebihan air dan terjadi genangan di sekitar pohon tomat maka akan menjadi pemicu munculnya serangan penyakit pada tanaman tomat.

Oleh karena itu penyiraman sebaiknya dilakukan dengan memperhatikan jumlah airnya yaitu sampai tanah terlihat lembab saja. Tingkat kelembaban tanah akan sangat berpengaruh pada kesehatan tanaman tomat.

Demikianlah pembahasan tentang cara menyiram tanaman tomat yang tepat, semoga bermanfaat. Temukan Tips Budidaya Tanaman lainnya pada postingan berikutnya!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama