10 Rekomendasi Pupuk Vanili Yang Bagus Agar Cepat Berbuah

Budidaya tanaman vanili memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan tanaman perkebunan lainnya. Hal ini disebabkan karena vanili tidak bisa melakukan penyerbukan sendiri sehingga proses pembuahan harus dibantu oleh manusia atau hewan tertentu. Selain masalah pembentukan buah, pemenuhan kebutuhan nutrisinya juga penting diperhatikan. Oleh karena itu memilih Pupuk Vanili terbaik harus dilakukan dengan teliti.

Untuk anda yang saat ini sedang membudidayakan tanaman vanili dan mencari pupuk vanili yang bagus, silahkan lihat rekomendasinya berikut ini.

Pupuk Vanili

Pupuk Vanili Terbaik Agar Tumbuh Subur Dan Berbuah Lebat

Secara umum tanaman membutuhkan nutrisi berupa unsur hara makro dan mikro yang bisa didapatkan dari pupuk. Namun ada beberapa produsen pupuk yang mendesain produk secara khusus sehingga dibuat untuk pupuk vanili saja. Namun kebanyakan membuat pupuk yang bisa digunakan untuk semua jenis tanaman atau spesifik ke tanaman perkebunan.

  • Pupuk One Z Green Vanili

Menyuburkan, memperbaiki struktur dan pH tanah. Mempercepat tumbuhnya tunas dan pertumbuhan tanaman. Kecepatan tumbuh pada semaian/tanaman 5 x lipat dari pupuk kimia. Mencegah kematian pada bibit penyemaian. Memperbanyak buah dan mempercepat masa panen. Memperbesar buah vanili. Menguatkan tegakan pada tanaman agar tidak mudah roboh. Menambah kemampuan akar mengikat air, sehingga tanaman lebih tahan dimusim kemarau yang lama.

  • Pupuk Gyomax

Pupuk vanili agar cepat berbuah dari Jepang ini menjadi rekomendasi berikutnya. Pupuk Gyomax satu – satunya produk dengan formulasi bakteri yang unik, diproduksi dari jepang dengan kombinasi 6 bakteri unik yang tidak pernah ada di Indonesia. Gyomax memungkinkan penanaman satu jenis tanaman terus menerus dengan hasil produksi yang tetap baik sehingga dapat mengoptimalkan fungsi dan produktivitas lahan pertanian. 

Gyomax dapat dicampur dengan pupuk organik dan pupuk kimia lain , serta digunakan seperti pada penyiraman biasa, sehingga meningkatkan populasi bakteri baik pada tanah dan menekan populasi bakteri jahat dan penyakit tanaman. Selain membantu tanaman mengurai pupuk dan unsur hara makro dan mikro, Gyomax dapat memperbaiki struktur tanah, sehingga kesuburan tanah tetap terjaga selama penanaman. Gyomax juga efektif meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakit, sehingga dapat mencegah penularan hama tanaman seperti Virus Gemini, Akar Gada, busuk akar dan penyakit tanaman lainnya. 

  • Pupuk Bioto Grow Gold

BiotoGrow adalah Formula yang dikhususkan untuk Pertanian dari bioteknologi modern yang menghasilkan mikrobakteri Komplek dan Unggul dengan multimanfaat bagi Pertanian Masa kini maupun masa Depan. Sinergi Biotogrow dicampur dengan Pestisida (Kimia), Biotogrow akan memaksimalkan penggunaan pestisida saat dicampurkan, sehingga menghemat penggunaan pestisida. Melindungi tanaman dari residu kimia pestisida, hal itu karena bakteri dalam biotogrow mampu menetralisir pestisida, sehingga tamanan menjadi organik dan aman untuk dikomsumsi

  • Pupuk GDM Spesialis Tanaman Perkebunan

Pupuk cair untuk vanili yang memiliki kandungan unsur hara makro dan mikro lengkap adalah GDM Spesialis Perkebunan. GDM spesilalis Perkebunan Merupakan pupuk organik cair yang dapat meningkatkan produktifitas perkebunan pada tanaman tebu, batang lebih tinggi dan lingkar batang lebih besar, pada pasca panen tebu dapat meningkatkan kadar dextran, menghambat penurunan rendemen tebu sampai 0.72 %. Mengatasi serangan ulat penggerek batang pada tanaman cengkeh, meningkatkan luas area daun pada tembakau.

Merupakan pupuk cair organik yang dapat memperbaiki sifat fisik kimia & biologi tanah, mencegah berbagai penyakit akibat jamur & bakteri patogen. Mengatasi hama penggerek batang pada tanaman cengkeh. GDM Tanaman Perkebunan cocok untuk Tebu, Kopi, Cengkeh, Tembakau, Vanili, Teh, Lada, Coklat, Jati, Sengon, Jabon, Mahoni, dll.

  • Pupuk Hormonik Nasa

Hormonik merupakan singkatan dari Hormon Organik. Hormon atau zat pengatur tumbuh (ZPT) adalah senyawa organik bukan hara/nutrisi yang diberikan pada tanaman dan bisa pula pada hewan ternak/unggas. Pemberian hormon pada tanaman memiliki kontribusi penting dalam memacu proses pertumbuhan tanaman. Saat ini telah banyak diproduksi produk ZPT yang terbuat dari bahan organik (alami) salah satunya yang cukup terkenal adalah Hormonik Nasa.

Hormonik adalah Produk Pertanian yang berupa hormon organik cair alami dari PT. Natural Nusantara yang fungsinya saling mendukung dengan produk POC Nasa yang sangat bagus untuk memacu pertumbuhan, pengumbian, pembungaan dan pembuahan tanaman untuk meningkatkan hasil panen.

  • Pupuk Herbafarm

Pupuk Herbafarm Cair adalah pupuk Bio Organik yang mengandung nutrisi organik yang bermanfaat bagi tanaman. Disamping itu juga mengandung mikroorganisme tanah yang bermanfaat sebagai dekomposer (pengurai) dan penyedia nutrisi alam. Diproses melalui Biological Complex Process (BCP) yang diformulasi secara khusus dengan diperkaya dengan mikroba-mikroba yang menguntungkan. Herbafarm cair memiliki kandungan unsur hara makro, unsur hara mikro, hormon pertumbuhan, asam amino, dan Phyto Factor/ Unique Growth Factor (UGF) yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas semua jenis tanaman.

Penambahan Bio Protectant bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh tanaman, sehingga tanaman dapat bertahan dan tetap sehat walaupun terjadi perubahan iklim yang drastis. Dengan Bio Protectant tanaman dapat memiliki sistem distribusi makanan/ nutrisi yang lebih baik, sehingga pertumbuhan dan hasil produksi akan meningkat.

  • Pupuk Biokonversi

Biokonversi adalah Pupuk Hayati berbahan aktif organisme hidup yang berfungsi untuk menyediakan hara tanah, dan menstimulasi tersedianya hara dalam tanah bagi tanaman. Biokonversi diproduksi secara organic tanpa proses maupun campuran bahan kimia, dan menghasilkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanah dan tanaman secara natural.

Pupuk Organik Cair Biokonversi terposes dari hasil pengolahan limbah organik yang diformulasikan secara khusus. PHCB mengandung agen hayati esensial, zat pengatur tumbuh, unsur hara makro-mikro, serta bakteri yang dapat menurunkan kadar besi yang tinggi dalam tanah. Keunggulan Pupuk Organik Cair Biokonversi dapat meningkatkan kesuburan tanah dan mampu menghasilkan panen yang meningkat. Biokonversi telah memiliki izin edar dari Kementerian Pertanian RI, dan sertifikat organik baik Dalam Negeri (LeSOS) maupun Luar Negeri (Control Union).

Lihat juga: Kandungan Pupuk Biokonversi.

  • Pupuk Kilat

POC Kilat mengandung Hormon tumbuhan dengan extrak formula merupakan rangkaian proses regulasi genetik dan berfungsi sebagai prekursor rangsangan guna terbentuknya hormon tumbuhan, sehingga gen yang semula tidak aktif mulai ekspresi lalu menjadi aktif dan kembali kepada genitika aslinya, produk berbentuk pekatan suspensi, dengan bau khas aroma susu, berwarna putih susu kelabu, tidak mengandung amoniak, tidak bau menyengat, tidak mengandung alkohol, tidak mengandung zat beracun di formulasikan dari bahan alami yang dibutuhkan untuk semua jenis tanaman.

Fungsi POC Kilat utamanya sebagai penyedia hara tanah bagi tanaman, adapun fungsi lainnya yaitu meningkatkan pertumbuhan tanaman, memperbaiki kondisi fisik dan biologi tanah, menjaga kelestarian alam serta mendukung terciptanya pemupukan berimbang, peningkatan produktifitas tanaman serta kelestarian alam menjadi perioritas utama bagi Pupuk Organik Cair KILAT dalam berpartisipasi mengembangkan pertanian Indonesia sekarang, saat ini dan masa depan.

Lihat Juga: Cara Menggunakan Pupuk Kilat.

  • Pupuk Dinosaurus

Pupuk organik untuk vanili yang bisa anda coba berikutnya adalah Pupuk Dinosaurus. Pupuk Dinosaurus merupakan pupuk organik hayati berbentuk cair, terbuat dari bahan-bahan pilihan yang tentunya kaya akan unsur hara micro, macro, dan bakteri-bakteri baik pengurai unsur hara dalam tanah dan mendukung pertumbuhan tanaman.

Bakteri-bakteri baik yang terkandung dalam Pupuk organik hayati Dinosaurus membantu secara efektif dalam proses proses biologis fiksasi nitrogen, penyerapan phospat, dan kalium. Selain itu bakteri baik ini memiliki sifat anti-pathogen yang dapat membantu melindungi tanaman dari serangan hama. Nutrisi dalam Pupuk Dinosaurus berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tanaman.

  • Pupuk Floraone

Pupuk hayati cair FloraOne, meningkatkan kesuburan tanah sekaligus mengendalikan penyakit. Pupuk Hayati cair FloraOne adalah pupuk hayati yang dikembangkan untuk meningkatkan kesuburan tanah sekaligus melindungi tanaman dari serangan penyakit. Mengandung agensi hayati mikroba penambat N, pelarut P dan K, penghasil fitohormon, antibiotik, dan bersifat antagonis terhadap hama jamur dan nematoda.

Pupuk hayati cair FloraOne mempunyai kemampuan yang unik, yaitu dapat melipatkandakan hasil produksi sekaligus dapat mengendalikan/ mengobati penyakit-penyakit penting tanaman yang selama ini sulit ditanggulangi. Dengan kemampuan tersebut, FloraOne menjadi pilihan banyak petani dan banyak direkomendasikan oleh instansi/ lembaga-lembaga pertanian nasional.

Lihat Juga: 10 Rekomendasi Pupuk Cengkeh Terbaik

Demikianlah ulasan tentang Pupuk Vanili terbaik, semoga bisa membantu anda dalam menemukan pupuk yang cocok untuk pertumbuhan dan pembuahan tanaman vanili anda. Temukan juga informasi dan rekomendasi Pupuk Tanaman lainnya pada postingan berikutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama