Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Granul Untuk Tanaman Cengkeh

Pemupukan tanaman cengkeh bisa dilakukan dengan menggunakan Pupuk Herbafarm Cair dan Pupuk Herbafarm Granul atau kombinasi keduanya. Beberapa petani ada yang lebih memilih untuk melakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk cair ada pula yang lebih suka menggunakan pupuk granul dan beberapa diantaranya mengkombinasikan keduanya. Untuk anda yang lebih tertarik untuk menggunakan Pupuk Herbafarm Granul Untuk Cengkeh yang anda budidayakan, silahkan simak cara pemakainnya berikut ini.

Herbafarm Granul Untuk Cengkeh

Apa Itu Pupuk Herbafarm Granul?

Herbafarm Granul adalah produk pupuk bio organik berbentuk butiran padat/ granul berukuran 2mm-5mm, dalam 1 gram terdapat sekitar 12 butir. Pupuk Herbafarm granul tersebut dari bahan organik dan mikroba penting bagi tanaman. Diformulasi melalui tahapan fermentasi Biological Complex Process (BCP) yang merupakan suatu teknologi proses untuk menguraikan bahan organik dalam bentuk senyawa menjadi ion-ion. Dimana untuk kesempurnaan proses fermentasinya dibutuhkan waktu kurang lebih 3 minggu sehingga kandungan pupuk dapat langsung diserap oleh tanaman melalui proses aerasi dan non-aerasi dengan memanfaatkan peran mikroba.

Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Granul Untuk Tanaman Cengkeh

Penggunaan pupuk herbafarm granul untuk cengkeh dapat dilakukan sebagai pupuk dasar sebelum penanaman dan juga perawatan tanaman selama masa tanam. Dosis aplikasi yang digunakan disesuaikan dengan usia tanaman cengkeh. Untuk mendapatkan hasil maksimal sebaiknya membuat tabel pemupukan cengkeh menggunakan pupuk herbafarm granul. Untuk tahapan cara pemupukannya silahkan ikuti ulasannya berikut ini.

  • Persiapan Lubang Tanam

Aplikasi pupuk herbafarm granul pada budidaya tanaman cengkeh dimulai pada masa persiapan lahan atau lubang tanam. Jika saat ini cengkeh anda sudah tumbuh atau telah melewati proses penanaman maka bisa melewati tahapan ini.

Dosis pemakaian untuk pemupukan pada lubang tanam cengkeh adalah 2 sendok makan per lubang tanam. Akan lebih baik jika dikombinasikan dengan pupuk organik Kandang atau kompos sesuai dosis anjuran. Setelah memasukkan pupuk herbafarm granul ke dalam lubang tanam, sebaiknya segera disiram dengan air, apalagi jika kondisi tanah sedang kering. Selanjutnya diamkan lubang tanam selama dua minggu lalu bibit cengkeh siap ditanam.

  • Perawatan Tanaman

Pemupukan tanaman cengkeh menggunakan pupuk herbafarm granul terbilang cukup mudah dan tidak memakan terlalu banyak waktu. Aplikasi hanya perlu dilakukan setiap 6 bulan sekali atau pada awal dan akhir musim hujan saja. Jadi, dalam setahun cukup melakukan dua kali pemupukan saja. Adapun dosis yang digunakan disesuaikan dengan usia tanaman cengkeh yang sedang dibudidayakan.

Tanaman Cengkeh usia 1-3 tahun menggunakan dosis 2 sendok makan per pohon. Aplikasi dilakukan dengan cara membenamkan ke dalam tanah atau cukup menaburkan di sekitar area pengakaran. Jaraknya disejajarkan dengan bagian daun terluar tanaman cengkeh.

Untuk tanaman cengkeh yang berusia 3-5 tahun menggunakan dosis 4 sendok makan per pohon. Cara aplikasinya dengan ditaburkan di sekitar area pengakaran atau dibenamkan dalam tanah dengan jarak sekitar 1 meter atau sejajar dengan bagian terluar daun tanaman cengkeh.

Aplikasi pupuk herbafarm pada tanaman cengkeh yang berusia 5-10 tahun menggunakan dosis 6 sendok makan per pohon. Herbafarm granul ditaburkan atau dibenamkan dalam tanah dengan jarak sekitar 1 meter dari pohon atau sejajar dengan bagian daun terluarnya.

Tanaman cengkeh yang sudah berusia 10 tahun ke atas membutuhkan dosis yang lebih banyak yaitu 8 sendok makan perpohon. Pemupukan dilakukan dengan cara yang sama yaitu menaburkan di area sekitar pengakaran atau dibenamkan dalam tanah dengan jarak sejajar dengan bagian daun terluar tanaman cengkeh.

Catatan:

  1. Jika anda memiliki stock herbafarm cair maka herbafarm granul bisa difermentasi terlebih dahulu dengan menambahkan 30 ml ditambahkan dengan air secukupnya. Perendaman dilakukan selama 12 jam sebelum pemupukan.
  2. Pemupukan dilakukan pada pagi hari sebelum pukul 08.00 atau sore hari setelah pukul 16.00.
  3. Jika kondisi tanah kering, setelah melakukan pemupukan menggunakan herbafarm granul segera siram dengan air sampai tanah terlihat basah dan lembab.
  4. Aplikasi pupuk herbafarm granul tidak boleh dilakukan bersamaan dengan pupuk anorganik (Kimia), Jika menggunakan pupuk kimia dilakukan dengan selang 7 hari setelah aplikasi pupuk kimia.

Tentang Produk

Pupuk Herbafarm Granul tersedia dalam kemasan 5 kilogram. Pembelian pupuk herbafarm granul dapat dilakukan dengan menghubungi agen atau distributor herbafarm terdekat di kota anda atau melakukan pemesanan secara online melalui marketplace populer di Indonesia seperti Tokopedia, Lazada, dan Shopee.

Pupuk Herbafarm Granul
Pupuk Herbafarm Granul Kemasan 5 Kilogram

Demikianlah ulasan tentang Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Granul Untuk Cengkeh, semoga bisa membantu anda dalam mengaplikasikan pupuk herbafarm granul dengan benar. Temukan juga informasi dan rekomendasi Pupuk Tanaman lainnya pada postingan berikutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama