Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Cair Untuk Tanaman Cengkeh

Kunci sukses budidaya tanaman cengkeh menggunakan pupuk organik cair herbafarm terletak dari cara aplikasinya. Jika aplikasi pupuk Herbafarm Cair Untuk Cengkeh dilakukan dengan cara yang tepat maka hasilnya pun akan maksimal. Oleh karena itu sebagai petani cengkeh yang berniat atau sedang menggunakan pupuk Herbafarm cair untuk tanaman cengkehnya harus memahami seperti apa cara yang benar dalam menggunakan pupuk produksi dari PT Sidomuncul Pupuk Nusantara tersebut.

Herbafarm Cair Untuk Cengkeh

Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Cair Untuk Cengkeh

Penggunaan Herbafarm Cair Untuk Cengkeh disesuaikan dengan tahapan budidaya. Dari segi tahapan budidaya tanaman cengkeh, penggunaan pupuk herbafarm dibagi menjadi 6 yaitu masa pembibitan, persiapan lubang tanam, pemeliharaan tanaman usia 1-3 tahun, 3-5 tahun, 5-10 tahun dan 10 tahun ke atas. Berikut ini pembahasan lengkapnya.

  • Masa Pembibitan

Untuk anda yang melakukan pembibitan cengkeh sendiri dan ingin mengaplikasikan pupuk herbafarm pada masa perawatan bibitnya, maka perlu memperhatikan dosis dan cara penggunaannya. Dosis yang digunakan adalah 30 ml (3 tutup botol) dicampur dengan 14 liter air. Penggunaannya dilakukan dengan cara menyemprotkan secara merata ke bibit cengkeh. Perlu diperhatikan untuk menyetel nozel alat semprot sampai menghasilkan keluaran yang paling halus.

Penyemprotan dilakukan setiap minggu pada pagi atau sore hari. Aplikasi Pupuk Herbafarm Cair tersebut dilakukan secara terus menerus sampai bibit cengkeh siap dipindahkan ke lahan tanam.

  • Persiapan Lubang Tanam

Pada persiapan lubang tanam anda juga bisa mengaplikasikan pupuk herbafarm cair. Untuk aplikasi pada lubang tanam sebaiknya dikombinasikan dengan pupuk kandang atau kompos. Jadi, setelah lubang tanam diisi dengan pupuk kandang atau kompos, selanjutnya disemprot atau disiram dengan larutan pupuk herbafarm cair. Adapun dosis yang digunakan adalah 20 ml (2 tutup botol) untuk 10 liter air. Selanjutnya setelah aplikasi herbafarm lubang tanam didiamkan selama 1 minggu baru kemudian dilakukan proses pindah tanam bibit.

Hasil akan lebih bagus lagi jika anda menambahkan Pupuk Herbafarm Granul sebanyak 1 sendok makan per lubang tanam.

  • Pemeliharaan Tanaman Usia 1-3 Tahun

Setelah melakukan proses pindah tanam bibit cengkeh maka aplikasi pupuk herbafarm cair berikutnya adalah pada masa perawatan. Masa perawatan usia 1-3 tahun ini dilakukan secara berkala, dan sebaiknya anda membuat tabel pemupukan cengkeh. Tujuannya adalah agar proses pemupukan tanaman cengkeh dilakukan tepat waktu.

Dosis yang digunakan adalah 30 ml dicampurkan dengan 14 liter air. Aplikasi dilakukan cara penyemprotan secara merata ke area pengakaran tanaman sampai tanah terlihat basah dan lembab. 1 tangki bisa digunakan untuk menyemprot 25-50 pohon cengkeh tergantung usia tanamannya.

Untuk cengkeh usia 1 tahun aplikasi dilakukan setiap 1 bulan sekali. Cengkeh yang sudah masuk usia 2 tahun aplikasinya dilakukan setiap 2 bulan sekali. Sementara untuk cengkeh yang sudah berusia 3 tahun aplikasi dilakukan setiap 3 bulan sekali.

  • Pemeliharaan Tanaman Usia 3-5 Tahun

Untuk cengkeh usia 3-5 tahun penggunaan pupuk herbafarm cair bisa dilakukan dengan cara penyemprotan, penyiraman dan juga kocor langsung tanpa mencampur air. Anda bisa memilih salah satunya yang menurut anda paling mudah dilakukan.

Aplikasi dengan cara penyemprotan menggunakan dosis 6 tutup botol per tangki 14 liter air. Penyemprotan dilakukan ke seluruh bagian tanaman terutama pada bagian bawah daun dan area pengakaran tanaman.

Penyiraman dengan menggunakan larutan pupuk herbafarm dilakukan dengan mengencerkan 20 ml liter herbafarm dicampurkan dengan 2-5 liter air. Larutan herbafarm tersebut digunakan untuk menyiram 1 pohon cengkeh. Jumlah air yang digunakan disesuaikan dengan kondisi tanahnya. Jika kondisi tanah basah maka jumlah air yang digunakan lebih sedikit.

Pilihan aplikasi yang ketiga adalah dengan teknik kocor langsung tanpa menggunakan air. Cara ini paling praktis dan bisa melakukan pemupukan dengan lebih cepat. Dosis yang digunakan adalah 20 ml herbafarm dituangkan langsung ke tanah di sekitar area pengakaran dengan jarak sekitar 1 meter atau sejajar bagian daun terluar tanaman.

Aplikasi pupuk herbafarm cair dilakukan setiap 3 bulan sekali.

  • Pemeliharaan Tanaman Usia 5-10 Tahun

Tanaman cengkeh yang sudah berusia 5-10 tahun biasanya pohonnya sudah tinggi dan sulit untuk menjangkau jika harus melakukan penyemprotan. Maka pilihan aplikasi herbafarm cair yang bisa dilakukan adalah menyiram dengan larutan herbafarm atau dengan teknik kocor langsung.

Penyiraman menggunakan dosis 40 ml herbafarm cair dicampurkan dengan 2-5 liter air. Larutan herbafarm tersebut disiramkan ke area sekitar pengakaran tanaman cengkeh. Untuk teknik kocor langsung dosisnya adalah 40 ml disiramkan di area sekitar pengakaran tanaman. Aplikasi dilakukan setiap 3 bulan sekali.

  • Pemeliharaan Tanaman Usia 10 Tahun Ke atas

Untuk tanaman cengkeh yang sudah berusia 10 tahun ke atas dosis pupuk herbafarm yang digunakan tentunya lebih banyak yaitu 60 - 80 ml per pohon. Aplikasi bisa dilakukan dengan penyiraman dengan tambahan air atau kocor langsung tanpa air. Aplikasi dilakukan setiap 3 bulan sekali.

  • Pemeliharaan Cengkeh Yang Baru Menggunakan Pupuk Herbafarm

Untuk anda yang memiliki tanaman cengkeh tetapi belum pernah menggunakan pupuk herbafarm sebelumnya maka sebaiknya melakukan terapi terlebih dahulu. Caranya adalah dengan melakukan pemupukan setiap 2 minggu sekali selama 3 bulan pertama. Dosis yang digunakan disesuaikan dengan usia tanaman cengkeh anda. Aplikasi selanjutnya mengikuti jadwal pemupukan di atas.

Untuk hasil lebih maksimal sebaiknya kombinasikan dengan penggunaan Pupuk Herbafarm Granul setiap 6 bulan sekali.

 Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan pupuk herbafarm adalah sebagai berikut:

  1. Jika sprayer yang digunakan untuk menyemprot pernah digunakan untuk aplikasi pestisida, maka sprayer tersebut harus dicuci dengan bersih menggunakan sabun terlebih dahulu.
  2. Aplikasi pupuk herbafarm cair tidak boleh dilakukan bersamaan dengan pupuk anorganik (Kimia) dan pestisida.
  3. Jika ingin menggunakan pupuk kimia atau pestisida berikan selang waktu 5-7 hari setelah atau sebelum penggunaan pupuk herbafarm.
  4. Pemupukan dilakukan pada pagi hari sebelum pukul 08.00 atau sore hari setelah pukul 16.00.
  5. 1 tutup Botol = 10 ml

Tentang Produk

Pupuk Herbafarm Cair Kemasan 1 Liter

Demikianlah ulasan tentang cara penggunaan Pupuk Herbafarm Cair Untuk Cengkeh, semoga bermanfaat. Temukan informasi tentang Pupuk Tanaman lainnya pada postingan berikutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama