Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Cair Untuk Tanaman Vanili

Vanili merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki keunikan tersendiri dari tanaman perkebunan lainnya. Selain karena tanaman ini membutuhkan bantuan manusia atau hewan dalam proses penyerbukannya, proses perawatannya tentu saja berbeda. Salah satu bentuk perawatannya adalah pemberian pupuk secara rutin untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Salah satu pupuk yang tepat untuk budidaya vanili adalah Pupuk Herbafarm Cair.

Cara penggunaan pupuk herbafarm cair untuk vanili pun berbeda dengan jenis tanaman perkebunan lain. Untuk anda yang tertarik menggunakan pupuk herbafarm untuk vanili anda. Silahkan ikuti panduannya berikut ini.

Herbafarm Cair Untuk Vanili

Cara Aplikasi Pupuk Herbafarm Cair Untuk Vanili

Cara penggunaan pupuk herbafarm untuk vanili dimulai dari proses persiapan bibit sampai perawatan tanaman. Pemupukan sebaiknya dilakukan secara rutin dengan membuat jadwal pemupukan. Adapun dosis dan cara pemupukan dari setiap tahapan budidaya tanaman vanili adalah sebagai berikut.

  • Persiapan Bibit

Ada dua pilihan untuk bibit vanili yang akan digunakan yaitu stek pendek dan stek panjang. Untuk stek pendek dibutuhkan pembibitan terlebih dahulu sebelum pindah ke lahan tanamn. Sementara untuk stek panjang bisa langsung ditanam tanpa melewati proses pembibitan.

Untuk anda yang memilih bibit stek pendek maka pada proses pembibitan perlu dilakukan pemupukan agar bibit yang dihasilkan berkualitas. Adapun cara pemupukan bibit vanili menggunakan pupuk cair Herbafarm adalah sebagai berikut:

Pemupukan pertama dilakukan saat bibit vanili berusia 7 hari setelah pembibitan. Dosis yang digunakan adalah 30ml ditambahkan dengan 14 liter air. Bibit disemprot secara merata sampai media pembibitan terlihat lembab. Pemupukan dilakukan setiap 7 hari sampai memasuki usia 45 hari. Selanjutnya setelah usia bibit lebih dari 45 hari maka pemupukan dilakukan setiap 14 hari sampai bibit siap dipindahkan ke lahan taman.

Untuk bibit stek panjang dan tidak perlu melakukan pembibitan terlebih dahulu cukup dengan melakukan perendaman dengan larutan herbafarm. Dosisnya adalah 10 ml untuk 5 liter air, jumlah laturan bisa disesuaikan dengan banyaknya bibit yang akan direndam. Perendaman dilakukan selama 1 jam. Selanjutnya angkat bibit dan siap ditanam.

  • Persiapan Lubang Tanam

Pemupukan Herbafarm cair untuk vanili berikutnya dilakukan pada saat persiapan lubang tanam. Setelah menggali lubang tanam dan mengisinya dengan pupuk kandang atau kompos segera siram dengan larutan pupuk herbafarm cair. Dosis yang digunakan adalah 10 ml untuk 2 liter air. Setelah lubang tanam disiram dengan larutan herbafarm diamkan selama 1 minggu sebelum melakukan penanaman bibit vanili.

  • Perawatan Tanaman

Aplikasi herbafarm cair pada tanaman vanili berikutnya adalah pada masa perawatan tanaman atau setelah pemindahan bibit ke lahan tanam. Adapun jadwal pemupukan tanaman vanili menggunakan pupuk cair herbafarm adalah sebagai berikut:

Usia tanaman 1-6 bulan pemupukan dilakukan setiap bulan dengan menggunakan dosis 30ml ditambahkan dengan 14 liter air per tangki. Cara pemupukannya adalah dengan menyemprot seluruh bagian tanaman sampai area pengakaran.

Tanaman vanili yang usianya lebih dari enam bulan pemupukannya dilakukan setiap 2 bulan sekali dengan menggunakan dosis 40 ml per tangki 14 liter air. Pemupukan dengan cara menyemprot seluruh bagian tanaman sampai ke area pengakaran.

Catatan:
  1. Aduk larutan herbafarm dengan air sampai tercampur rata (Homogen)
  2. Pastikan tangki semprot steril, apabila sudah digunakan untuk menyemprotkan pestisida cuci terlebih dahulu menggunakan sabun.
  3. Penggunaan pestisida atau pupuk kimia diberikan jeda waktu 5-7 hari setelah atau sebelum aplikasi pupuk herbafarm cair.
  4. Pemupukan herbafarm dihentikan pada saat tanaman vanili mulai berbunga dan dilanjutkan kembali setelah keluar buah.

Tentang Produk

Demikianlah ulasan tentang Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Cair Untuk Vanili, Semoga bermanfaat. Temukan juga informasi Pupuk Tanaman lainnya pada postingan berikutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama