10 Rekomendasi Pupuk Untuk Tanaman Semangka Biar Berbuah Besar

Semangka merupakan salah satu jenis tanaman buah yang unik dari segi pohon dan cara budidayanya. Tanaman buah merambat ini memiliki ukuran buah yang sangat besar dan tentu saja tidak bisa ditopang oleh batangnya yang kecil, sehingga harus merambat di tanah. Untuk budidaya tanaman semangka agar tumbuh subur dan berbuah besar tentunya harus memberikan perawatan yang maksimal, salah satunya adalah pemberian pupuk. Pupuk Semangka yang bagus tentu saja harus dipilih agar hasil panen bisa maksimal.

Untuk anda yang saat ini sedang atau berencana membudidayakan tanaman semangka dan mencari pupuk semangka terbaik. Silahkan simak ulasannya berikut ini.

Pupuk Semangka

Pupuk Untuk Tanaman Semangka Agar Berbuah Besar

Pupuk semangka terbaik tentu saja harus memiliki kandungan unsur hara makro dan mikro lengkap dan akan lebih maksimal lagi jika didukung dengan adanya hormon pertumbuhan dan zat penting untuk merangsang pembuahan. Namun tentu saja akan sangat sulit menemukan pupuk dengan kandungan yang benar-benar lengkap dan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman secara penuh. Berikut ini beberapa rekomendasi pupuk semangka terbaik yang bisa anda pertimbangkan.

  • Pupuk Seprint

Pupuk semangka biar buah besar yang pertama bisa menjadi pilihan adalah Seprint. Seprint adalah pupuk cair untuk daun, bunga dan buah yang mengandung Kadar unsur utama nitrogen 11% Dan kalium K2O 2%. Selain itu Seprint juga mengandung unsur ikutan antara lain zinc, boron, copper, manganese, molybdenum, Dan Cobalt dengan Kadar berimbang.

  • Pupuk GDM Spesialis Tanaman Buah

Pupuk semangka umur 10 hari dan perawatan selama masa tanam anda bisa mencoba pupuk GDM Spesialis tanaman buah. GDM Spesialis tanaman buah Merupakan pupuk organik cair yang dapat meningkatkan produktifitas tanaman dan tahan terhadap kondisi ekstrim, dapat meningkatkan bobot buah melon, dan kulit lebih tebal sehingga tidak mudah pecah, rasa buah jeruk mandarin lebih manis, bunga mangga tidak mudah rontok, sehingga mampu menaikkan potensi produksi.

Merupakan pupuk cair organik yang membuat rasa buah lebih manis, daging buah lebih tebal, lebih besar dan seragam. Serta membuat tanaman lebih tahan terhadap layu fusarium & layu bakteri. GDM Tanaman Buah cocok untuk berbagai jenis buah Apel, Melon, Jeruk, Strawberry, Mangga, Rambutan, Durian, Srikaya, Jambu, Sawo, Anggur, Nangka, Lansat, Duku, Manggis, Delima, Semangka, Belimbing, dll.

  • Pupuk Bio Bigest MKP Plus

Memberikan Stimulus yang Cepat bagi Pertumbuhan Akar Tanaman. Membuat Bunga dan Buah Tidak Mudah Rontok. Memperbesar Umbi pada Tanaman Kentang, Wortel, Bawang dan Umbi Lainnya. Meningkatkan Daya Tahan Tanaman terhadap Penyakit Tanaman yang Menyerang. Membuat Kualitas Buah Meningkat.

  • Pupuk Gyomax

Pupuk semangka umur 35 hari atau selama masa tanam bisa menggunakan Gyomax. Gyomax dirancang spesifik untuk Pertanian Berkelanjutan, sehingga dapat mengoptimalkan hasil dari lahan pertanian atau perkebunan. Penambahan mikro-organisme yang baik akan membantu proses penguraian bahan organik di dalam tanah. Bahan organik yang telah terurai akan memulihkan kondisi struktur tanah dan membantu tanaman untuk menyerap nutrisi dengan mudah serta melindungi tanaman dari hama dan penyakit tanaman.

Mikro-organisme yang ada di dalam pupuk hayati Gyomax hanya membutuhkan 2-3 kali pemberian untuk dapat menunjukkan hasilnya. Dalam 2-3 minggu, hasil perkembangan akar tanaman dapat langsung terlihat. Produk Gyomax ini bukan saja meningkatkan hasil dalam waktu singkat, tetapi juga dalam jangka panjang. Mikro-organisme ini akan mengubah keseimbangan tingkat keasaman dan alkalinitas tanah, serta memperbaiki karakteristik permeabilitas gas dan struktur massa tanah. Hal ini akan mempertahankan tingkat kesuburan dan kondisi tanah secara keseluruhan untuk dapat ditanami terus menerus.

  • Pupuk Bio Trent Tanaman Buah

Biotrent Buah adalah Pupuk Organik Hayati Cair yang mengandung campuran mikroba alami seperti Bakteri Pelarut Fosfat dan Kalium, Bakteri Pengikat Nitrogen (Rhizobium sp. dan Azotobacter sp.), Lactobacillus sp, Actinomycetes sp. / Streptomycetes sp, Yeast, Dilengkapi unsur organik, unsur makro dan mikro sebagai starter mikroorganisme dan mengandung asam- asam organik

  • Pupuk Verti K

Pupuk cair dengan kandungan tinggi Kalium/Potasium (K) dibutuhkan dalam fase generatif, berfungsi dalam pembentukan bunga & buah. Sudah dilengkapi dengan GA3 dan perekat. Meningkatkan kualitas (warna, rasa, dll) dan kuantitas buah, Memperpanjang masa produktif tanaman, Meningkatkan daya simpan pasca panen, Mudah diserap tanaman dan Dapat diaplikasikan semprot atau kocor.

  • Pupuk Probuah

PRObuah pupuk organik khusus tanaman buah supaya tanaman subur dan berbuah banyak. Formula pupuk khusus untuk tanaman buah. Tersedia 2 pilihan varian produk PRObuah V (Vegetatif untuk tanaman buah usia bibit sampai usia siap berbuah) dan PRObuah G (Generatif untuk tanaman buah mulai usia siap berbuah).
  • Pupuk Ben Subur

Ben Subur Plus adalh poc yg banyak mengandung mikroba/bakteri baik bagi tanaman,yg diproduksi dgn standarisasi dari beberapa lembaga terkait seperti Organik Indonesia dan Lesos sehingga poc ini memperoleh ijin Deptan utk dpt digunakan oleh petani secara luas dan masif

  • Pupuk Power Nutrition Nasa

Pupuk semangka masa generatif atau pembentukan buah bisa menggunakan power nutrition dari PT Natural Nusantara. Power Nutrition ini merupakan salah satu produk pupuk buah organik yang pembuatannya diformulasikan dari nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Terlebih untuk tanaman berbuah, terutama tanaman buah tahunan yang di konsumsi langsung, misalnya mangga, jeruk, rambutan, durian, apel, blimbing, anggur dll. Selain itu pupuk ini juga bisa digunakan untuk tanaman buah yang di konsumsi tidak langsung, misalnya buah kelapa sawit, coklat,  dan sebagainya.

Silahkan Baca: Manfaat Pupuk Power Nutrition Nasa Untuk Tanaman.

  • Pupuk Floraone

Pupuk hayati cair FloraOne, meningkatkan kesuburan tanah sekaligus mengendalikan penyakit. Pupuk Hayati cair FloraOne adalah pupuk hayati yang dikembangkan untuk meningkatkan kesuburan tanah sekaligus melindungi tanaman dari serangan penyakit. Mengandung agensi hayati mikroba penambat N, pelarut P dan K, penghasil fitohormon, antibiotik, dan bersifat antagonis terhadap hama jamur dan nematoda.

Pupuk hayati cair FloraOne mempunyai kemampuan yang unik, yaitu dapat melipatkandakan hasil produksi sekaligus dapat mengendalikan/ mengobati penyakit-penyakit penting tanaman yang selama ini sulit ditanggulangi. Dengan kemampuan tersebut, FloraOne menjadi pilihan banyak petani dan banyak direkomendasikan oleh instansi/ lembaga-lembaga pertanian nasional.

Demikianlah ulasan tentang pupuk semangka terbaik semoga bisa membantu anda dalam memilih jenis pupuk yang sesuai dengan kebutuhan budidaya anda. Temukan juga informasi dan rekomendasi Pupuk Tanaman lainnya pada postingan berikutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama