Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Cair Untuk Tanaman Durian

Tanaman durian merupakan salah satu jenis tanaman buah jangka panjang yang bisa dipanen berkali-kali. Artinya bahwa cukup dengan satu kali penanaman bisa menikmati hasilnya dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu tanaman durian tersebut perlu diberikan perawatan terbaik agar bisa tumbuh subur dan menghasilkan buah yang lebat. Perawatan dilakukan dengan pemberian nutrisi yang cukup untuk kebutuhan pertumbuhan dan produksi buahnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan pupuk Herbafarm Cair Untuk Durian.

Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Cair Untuk Durian Yang Benar

Pupuk Herbafarm Cair merupakan jenis pupuk organik berbentuk cair yang dapat diaplikasikan untuk semua jenis tanaman, salah satunya adalah durian. Untuk cara penggunannya sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan penyemprotan, penyiraman, kocor langsung dan injeksi. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

  • Teknik Penyemprotan

Cara penggunaan pupuk herbafarm pada tanaman durian yang pertama bisa dilakukan dengan teknik penyemprotan. Untuk teknik penyemprotan ini dapat dilakukan pada bibit durian dan tanaman muda usia 5 tahun ke bawah, atau yang masih bisa dijangkau. Penyemprotan ini dilakukan secara merata ke seluruh bagian tanaman terutama pada bagian bawah daun dan area pengakaran.

Dosis yang digunakan berbeda-beda tergantung dengan usia tanaman durian anda. Adapun gambaran dosisnya adalah sebagai berikut:

Untuk penyemprotan pada bibit durian menggunakan dosis 30 ml (3 tutup botol) dicampurkan dengan 14 liter air dalam 1 tangki. Durian yang berusia 1-3 tahun menggunakan dosis 60 ml per tangki 14 liter air. Sementara untuk durian 3-5 tahun atau mulai berbuah maka dosisnya adalah 100 ml per tangki 14 liter air.

  • Teknik Penyiraman

Untuk teknik penyiraman dapat dilakukan pada tanaman durian yang baru tanam sampai yang sudah produksi. Dosis yang digunakan untuk membuat larutan yang akan dipakai menyiram durian sama saja yang membedakan tentu saja jumlah larutan yang disiramkan ke tanamannya. Dosis larutannya adalah 5ml Herbafarm cair per 1 liter air. Jadi, untuk 10 liter air dibutuhkan pupuk herbafarm cair sebanyak 50 ml atau 5 tutup botol.

Penyiraman dilakukan pada area pengakaran tanaman durian sampai tanah terlihat basah atau lembab. Jadi, cukup disesuaikan kondisi tanahnya pada saat melakukan pemupukan.

  • Teknik Kocor Tanpa Air

Teknik kocor tanpa mencampurkan air adalah cara pemupukan tanaman durian menggunakan pupuk herbafarm cair yang paling praktis. Jadi, anda tidak perlu repot membawa air ke lahan pertanian, cukup membawa botol pupuk herbafarm saja.

Untuk tanaman yang usianya 1-3 tahun dosisnya adalah 2 tutup botol per pohon. Tanaman durian yang usia 3-5 tahun dosisnya adalah 4 tutup botol per pohon. Durian yang berusia 5-10 tahun diberikan dosis 6 tutup botol per pohon. Sementara untuk durian yang berusia 10 tahun ke atas menggunakan dosis 8 tutup botol perpohon.

Cara pemupukannya sendiri sangat mudah cukup menuangkan pupuk herbafarm secara langsung ke tanah di area pengakaran tanaman durian. Jaraknya sekitar 1 meter dari pohon atau sejajar dengan bagian daun terluar tanaman durian.

  • Teknik Injeksi

Teknik pemupukan yang terakhir yang bisa anda lakukan pada perawatan tanaman durian adalah injeksi. Teknik ini dilakukan dengan cara memasukkan pupuk herbafarm ke dalam batang pohon yang sudah dilubangi.

Cara melubanginya adalah dengan mengebor batang durian agak miring ke bawah. Selanjutnya pupuk herbafarm cair disuntikkan ke dalam lubang bor tersebut lalu ditutup dengan kapas.

Cara pemupukan dengan teknik injeksi ini dilakukan pada tanaman durian yang memiliki ukuran batang yang besar dan sudah berumur tua. Untuk 1 pohon durian bisa dibuat 3-4 lubang dengan masing-masing lubang diisi dengan 10 ml pupuk herbafarm cair.

Lihat Juga: Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Cair Pada Tanaman Cengkeh.

Tentang Produk

Pupuk Herbafarm Cair Kemasan 1 Liter

Demikianlah ulasan tentang Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Cair Untuk Tanaman Durian, semoga bermanfaat. Temukan juga informasi Pupuk Tanaman lainnya di postingan berikutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama