Cara Fermentasi Pupuk Herbafarm Granul Untuk Mengoptimalkan Pemupukan

Pupuk herbafarm granul merupakan pupuk organik padat dari PT Sido Muncul Pupuk Nusantara yang dapat diaplikasikan sebagai pupuk dasar dan pupuk lanjutan pada budidaya tanaman. Aplikasi pupuk herbafarm granul sangat mudah yaitu cukup ditaburkan di area sekitar pengakaran tanaman atau membenamkannya dalam tanah. Herbafarm granul dapat diaplikasikan secara langsung atau dengan melakukan fermentasi terlebih dahulu. Kinerja optimal dari herbafarm granul didapatkan setelah difermentasi selama 12 jam.

Lalu seperti apa cara fermentasi pupuk herbafarm granul? Langsung saja simak ulasannya berikut ini!

Cara Fermentasi Herbafarm Granul

Cara Fermentasi Pupuk Herbafarm Granul

Untuk melakukan fermentasi pupuk herbafarm granul caranya sangatlah mudah. Bahan dan peralatan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

  1. Herbafarm granul kemasan 5 Kilogram
  2. Herbafarm cair 1 botol
  3. Air 5 liter
  4. Wadah kapasitas 6-10 liter lengkap dengan penutupnya
Langkah fermentasi pupuk herbafarm granul menggunakan pupuk cair herbafarm adalah sebagai berikut:
  • Tuangkan 5 kilogram pupuk herbafarm granul ke dalam wadah berkapasitas 6-10 liter
  • Tambahkan 5 liter air
  • Tambahkan pupuk herbafarm cair sebanyak 10 tutup botol
  • Aduk sampai tercampur rata
  • Tutup wadah dan diamkan selama 12 jam
  • Herbafarm granul yang sudah difermentasi siap diaplikasikan pada lahan budidaya sebagai pupuk lanjutan.

Cara aplikasi pupuk herbafarm granul yang sudah difermentasi

Saran penggunaan pupuk herbafarm granul yang sudah difermentasi sebaiknya diaplikasikan pada tanaman perkebunan atau tanaman buah tahunan atau memiliki pohon keras. Adapun cara aplikasi dan dosis yang digunakan disesuaikan dengan usia tanaman.

  • Tanaman usia 3-5 tahun dosis yang digunakan adalah 4 sendok makan per pohon. Cara aplikasinya dilakukan dengan membuat 4 lubang sejajar dengan bagian daur terluar tanaman. Masing-masing lubang diisi dengan 1 sendok makan.
  • Tanaman usia 5-10 tahun menggunakan dosis 6 sendok makan yang diisi pada masing-masing lubang di sekitar area pengakaran dengan jarak 1 meter atau sejajar bagian terluar daun tanaman.
  • Usia tanaman 10 tahun ke atas menggunakan dosis 8 sendok makan. Jaraknya adalah sekitar 1 meter dari pohon dengan 1 sendok makan perlubang.

Demikianlah ulasan tentang cara fermentasi pupuk herbafarm granul menggunakan pupuk cair agar hasil pemupukan lebih optimal. Temukan juga informasi Pupuk Tanaman lainnya pada postingan berikutnya.


 web.viotani.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama