Cara Penggunaan Pupuk GDM Untuk Bawang Merah Agar Umbinya Besar

Budidaya bawang merah membutuhkan pemberian pupuk sebagai sumber nutrisi untuk dapat tumbuh subur dan menghasilkan umbi yang besar. Salah satu jenis pupuk yang dapat digunakan adalah pupuk GDM. Aplikasi pupuk GDM bisa dilakukan mulai pada tahap awal budidaya sampai perawatan tanaman selama masa tanam. Seperti apa cara penggunaan pupuk GDM Untuk bawang merah? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Cara Penggunaan Pupuk GDM Untuk Budidaya Tanaman Bawang Merah

Cara penggunaan pupuk GDM untuk tanaman bawang disesuaikan dengan fase tanaman dan juga jenis produk yang digunakan. Untuk produk pupuk organik GDM yang digunakan untuk budidaya bawang merah adalah sebagai berikut:

  1. GDM Same Granule Bio Organik
  2. GDM Black BOS (Bio Organic Stimulatnt)
  3. GDM Spesialis Pangan Sayur

Kombinasi ketiga produk Pupuk Organik GDM tersebut akan memberikan kebutuhan nutrisi pada tanaman bawang merah untuk tumbuh subur dan menghasilkan umbi yang besar. Adapun tahapan aplikasinya adalah sebagai berikut:

  • Pemupukan Dasar

Aplikasi pupuk organik GDM yang pertama adalah pada saat persiapan lahan atau saat melakukan pemupukan dasar. Pupuk yang digunakan pertama kali adalah GDM SaMe Granule Bio Organik. Pemupukan dilakukan dengan menebarkan GDM SaMe secara merata pada bedengan yang sudah disiapkan. Dosis yang dibutuhkan adalah 150 Kg untuk lahan seluas 1 Hektar.

Setelah aplikasi GDM SaMe langkah selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan pupuk GDM Black BOS. Aplikasi GDM Black BOS dilakukan dengan cara melakukan penyemprotan secara merata ke bedengan yang sudah disiapkan dan sudah ditaburkan GDM SaMe. Dosis yang digunakan adalah 1 gelas GDM SaMe dilarutkan dalam 1 tangki kapasitas 16 liter air. Penyemprotan dilakukan sampai tanah terlihat basah dan lembab. Dosis yang dibutuhkan untuk lahan seluas 1 Ha adalah 5 Kilogram.

Setelah aplikasi pupuk GDM SaMe dan GDM Black BOS lahan didiamkan selama 10 hari kemudian dilakukan penanaman bibit bawang merah.

  • Perendaman Bibit

Cara penggunaan POC GDM untuk bawang merah pertama kali dilakukan pada saat persiapan bibit. Bibit bawang merah diberikan perlakukan khusus menggunakan pupuk cair GDM Spesialis pangan sayur.  Caranya adalah dengan melarutkan 1 liter Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Pangan kedalam 100 liter air atau dengan menggunakan perbandingan 1:100. Jumlah kebutuhan pupuk disesuaikan dengan banyak bibit yang akan ditanam. Perendaman dilakukan selama 30 menit dan bibit siap ditanam.

Tujuan merendam umbi bibit bawang merah dengan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Pangan adalah:

  1. Untuk mempercepat proses perkecambahan
  2. Menghilangkan penyakit tular bibit yang disebabkan oleh jamur, bakteri ataupun virus
  3. Serta membantu meningkatkan kualitas umbi bibit bawang merah
  • Perawatan Tanaman Bawang Merah

Cara penggunaan pupuk GDM untuk tanaman bawang merah berikutnya yang perlu diperhatikan adalah pada masa perawatan tanaman selama masa tanam. Sangat penting untuk memperhatikan teknik aplikasi, jenis pupuk yang digunakan dan waktu aplikasinya. Hal ini menjadi penting agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman bawang merah bisa terpenuhi dengan baik sesuai dengan fase pertumbuhannya. Adapun tahapan pemupukan tanaman bawang merah menggunakan POC GDM, GDM SaMe dan GDM Black BOS adalah sebagai berikut:

Usia 7 HST

Pemupukan pertama dilakukan pada saat tanaman bawang merah berumur 7 HST. Dosis pupuk yang disarankan adalah 500 ml (2 gelas) Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Pangan kedalam tangki semprot kapasitas 16 liter. Kemudian semprotkan secara merata ke seluruh tanaman. Lakukan pemupukan ini hingga memenuhi dosis 8 liter/ Ha.

Usia 14 HST

Pemupukan kedua dilakukan pada saat tanaman bawang merah berumur 14 HST. Dosis pupuk yang disarankan adalah 500 ml (2 gelas) Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Pangan kedalam tangki semprot kapasitas 16 liter. Kemudian semprotkan secara merata ke seluruh tanaman. Lakukan pemupukan ini hingga memenuhi dosis 8 liter/ ha.

21 HST

Pemupukan yang ketiga dapat Anda lakukan ketika tanaman bawang merah sudah berumur 21 HST. Dosis pupuk yang disarankan adalah 500 ml (2 gelas) Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Pangan kedalam tangki semprot kapasitas 16 liter air. Kemudian Anda bisa semprotkan secara merata ke seluruh tanaman. Lakukan pemupukan ini hingga memenuhi dosis 8 liter/ ha.

28 HST

Pemupukan keempat dilakukan pada saat tanaman bawang merah berumur 28 hst. Dosis pupuk yang disarankan adalah 500 ml (2 gelas) Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Pangan kedalam tangki semprot kapasitas 16 liter air. Setelah itu semprotkan secara merata ke seluruh tanaman. Lakukan pemupukan ini hingga memenuhi dosis 8 liter/ Ha.

30 HST

Penggunaan pupuk bawang merah umur 30 hari ini, Anda disarankan untuk menambahkan GDM Granule SaMe dan GDM Black BOS. Tujuannya untuk memberikan nutirisi lebih kedalam tanah dan mempercepat perkembangan umbi bawang merah. Pemupukan yang disarankan adalah menaburkan GDM Granule SaMe kesekitar akar tanaman dengan dosis 100 kg/ ha. Selanjutnya, tambahkan GDM Black BOS dengan mencampurkan 1 gelas GDM Black BOS kedalam tangki semprot, kemudian semprotkan kesekitar akar tanaman. Aplikasikan keseluruh tanaman bawang merah Anda hingga memenuhi dosis 5 kg/ ha.

35 HST

Pemupukan keenam dilakukan pada saat tanaman bawang merah berumur 35 hst. Dosis pupuk yang disarankan adalah 500 ml (2 gelas) Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Pangan kedalam tangki semprot kapasitas 16 liter air. Kemudian semprotkan secara merata ke seluruh tanaman, Lakukan pemupukan ini hingga memenuhi dosis 8 liter/ha.

45 HST

Pemupukan terakhir dilakukan pada saat tanaman bawang merah berumur 45 hst. Dosis pupuk yang disarankan adalah 500 ml (2 gelas) Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Pangan kedalam tangki semprot kapasitas 16 liter air. Kemudian semprotkan secara merata ke seluruh tanaman. Lakukan pemupukan ini hingga memenuhi dosis 8 liter/ ha.

Kebutuhan Pupuk GDM Untuk Budidaya Bawang Merah

Dari tahapan pemupukan di atas dapat disimpulkan bawah jumlah kebutuhan pupuk GDM yang diperlukan untuk budidaya tanaman bawang merah pada lahan seluas 1 hektar adalah sebagai berikut:

  • GDM SaMe Granule Bio Organik: 250 Kilogram untuk dua kali aplikasi yaitu 150 Kg pada saat persiapan lahan dan 100 Kg pada saat usia tanaman bawang merah 30 Hari setelah tanam.
  • GDM Black BOS: 10 Kilogram untuk dua kali aplikasi yaitu 5 kilogram saat persiapan lahan dan 5 kilogram pada pemupukan lanjutan saat tanaman berusia 30 hari setelah tanam.
  • GDM Spesialis Pangan Sayur: 49 liter dengan 7 aplikasi termasuk aplikasi pada saat persiapan bibit sebanyak 1 liter. Aplikasi pada perawatan tanaman secara rutin yaitu 8 liter setiap kali aplikasi dengan interval aplikasi setiap minggu pada bulan pertama dan setiap 2 minggu pada bulan kedua.
Manfaat Penggunaan Pupuk Organik GDM untuk tanaman bawang merah adalah sebagai berikut:
  • Meningkatkan daya tahan tanaman bawang merah terhadap serangan hama dan penyakit.
  • Memperbanyak jumlah anakan umbi bawang merah
  • Meningkatkan hasil panen secara kualitas dan kuantitas.

Selain melakukan pemupukan secara rutin, budidaya bawang merah juga perlu memperhatikan perawatan lainnya seperti penyiangan gulma, penyiraman dan pengendalian hama dan penyakit.

Lihat Juga: Cara Aplikasi POC GDM Untuk Padi.

Demikianlah ulasan tentang cara penggunaan pupuk GDM Untuk Tanaman bawang merah, semoga bermanfaat. Temukan juga informasi tentang Pupuk Tanaman lainnya pada postingan berikutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama