Cara Penggunaan GDM Black BOS Untuk Padi Agar Tumbuh Subur

Budidaya tanaman padi membutuhkan tanah yang subur sehingga bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan produksi maksimal. Upaya menyuburkan kembali tanah adalah dengan menggunakan pupuk organik GDM Black BOS. Pupuk yang berperan sebagai pembenah tanah ini sangat efektif untuk memperbaiki kondisi tanah secara fisik, kimiawi, biologis.

GDM Black BOS Untuk Padi

Apa Itu Pupuk GDM Black BOS?

Pupuk GDM Black BOS merupakan Bio Organic Stimulant berbentuk konsentrat tinggi (pasta), yang mengandung bakteri premium serta unsur hara makro dan mikro lengkap. GDM Black merupakan pupuk multiguna yang dapat diaplikasikan pada lahan pertanian dan perikanan. Black Bio Organic Stimulant (BOS) mengandung 4 macam bakteri menguntungkan yang secara enzimatis dan sinergis menguraikan berbagai residu dan limbah serta mengembalikan kondisi tanah menjadi subur kembali. Dalam waktu 3 bulan mampu menurunkan cemaran logam berat Timbal (Pb) dan Kromium (Cr) hingga lebih dari 80%.

Cara Penggunaan GDM Black Untuk Tanaman Padi

Penggunaan pupuk GDM Black BOS Pada tanaman padi sebaiknya dikombinasikan dengan Pupuk GDM SaMe Granule dan GDM Spesialis tanaman pangan. GDM SaMe digunakan sebagai pupuk dasar setelah olah tanah dan sebelum penanaman untuk mempersiapkan nutritisi pada tanaman padi agar tumbuh subur. Selanjutnya selama masa perawatan diaplikasik GDM Spesialis tanaman pangan dengan pemupukan rutin setiap 1 minggu sekali pada bulan pertama dan setiap 2 minggu sekali pada bulan kedua.

Aplikasi GDM Black BOS sendiri hanya dilakukan dua kali selama masa tanam yaitu pada saat pengolahan lahan dan saat tanaman berusia 30 hari setelah tanam. 

Cara penggunaan pupuk GDM Black Untuk tanaman padi dilakukan dengan teknik penyemprotan. Adapun dosis dan cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • Larutkan 250 Gram (1 Gelas Air Mineral) GDM Black BOS Ke dalam 5 liter air.
  • Aduk larutan tersebut sampai pupuk GDM Black BOS benar-benar larut ke dalam air.
  • Tuangkan larutan tersebut ke dalam tangki 16 liter air, gunakan saringan untuk memastikan tidak ada sisa-sisa yang belum larut ikut masuk ke dalam tangki dan bisa menyumbat sprayer.
  • Isi tangki dengan air sampai penuh lalu tutup dengan rapat dan siap disemprotkan ke lahan.
  • Proses pembuatan larutan dan dosis yang sama dilakukan pada masa perawatan tanaman yaitu saat tanaman padi berusia 30 HST.

Manfaat GDM Black BOS Untuk Tanaman Padi

Sebagai pupuk pembenah tanah GDM Black BOS memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tanaman padi untuk dapat tumbuh subur dan menghasilkan produksi yang maksimal. Kandungan bakteri dalam BLACK BOS berfungsi sebagai stimulan bakteri apatogen, meningkatkan kualitas tanah, mencegah penyakit tular tanah (Busuk akar, Busuk batang, Bercak daun, Layu tanaman, Rebah semai, Bulai, Aeromonas, Vibrio, dll), memperbaiki kondisi tanah yang rusak, serta terbukti mampu untuk mendegradasi polutan tanah dan logam berat.

Adapun manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan pupuk GDM Black BOS adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai stimulant bakteri
  2. Sebagai booster tanah
  3. Melakukan bioremediasi tanah
  4. Mencegah penyakit tular tanah
  5. Sebagai penawar racun dari beberapa logam berat
  6. Menggemburkan tanah
  7. Fermentasi kompos

Demikianlah ulasan tentang cara penggunaan pupuk GDM Black BOS untuk tanaman padi, semoga bermanfaat! Temukan juga tips Cara Aplikasi produk pupuk GDM untuk tanaman lainnya pada postingan berikutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama