Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Granul Untuk Tanaman Durian Agar Tumbuh Subur

Herbafarm granul merupakan salah satu jenis pupuk organik yang cocok diaplikasikan untuk tanaman durian. Penggunaan pupuk herbafarm granul bisa digunakan pada saat persiapan lubang tanam atau pupuk dasar dan juga perawatan tanaman. Untuk anda yang saat ini sedang membudidayakan tanaman durian dan ingin menggunakan pupuk herbafarm granul silahkan simak ulasan cara aplikasinya berikut ini.

Herbafarm Granul Untuk Durian

Apa Itu Herbafarm Granul?

Sebelum lanjut pada pembahasan tentang cara aplikasi herbafarm granul pada tanaman durian terlebih dahulu diketahui apa itu pupuk herbafarm granul. Pupuk Herbafarm granul adalah pupuk organik berbentuk butiran pada yang diproduksi ole PT Sido Muncul Nusantara. Herbafarm granul dibuat dengan menggunakan sisa samping produksi jamu yang berbahan dasar tanaman obat dan rempah-rempah. Proses produksi menggunakan teknologi canggih dengan proses Biological Complex Process (BCP). Pupuk organik padat ini dapat diaplikasikan untuk semua jenis tanaman baik sebagai pupuk dasar dan juga perawatan tanaman selama masa tanam.

Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Granul Untuk Tanaman Durian

Cara aplikasi pupuk herbafarm granul dapat dilakukan dengan dua cara yaitu ditaburkan secara merata di atas lahan budidaya atau dibenamkan dalam tanah. Waktu penggunaan dilakukan pada pagi hari sebelum pukul 08.00 atau sore hari setelah pukul 16.00. Interval pemakaian dilakukan setiap 6 bulan sekali atau pada awal dan akhir musim hujan. Untuk dosis yang digunakan disesuaikan dengan jenis tanaman yang dibudidayakan dan juga fase pertumbuhan tanaman tersebut.

Lalu seperti apa cara penggunaan pupuk herbafarm granul untuk tanaman durian?

Penggunaan pupuk herbafarm granul untuk tanaman durian dilakukan pada saat persiapan lubang tanam dan perawatan selama masa tanam. Adapun tahapannya adalah sebagai berikut:

  • Persiapan Lubang Tanam

Pada saat persiapan lubang tanam aplikasi pupuk herbafarm granul sangat cocok dilakukan sebagai persiapan nutrisi awal bagi tanaman durian untuk bisa tumbuh subur. Aplikasi dilakukan dengan cara memasukkan 2 sendok makan herbafarm granul ke dalam lubang tanam. Selanjutnya ditutup dengan tanah lalu didiamkan selama dua minggu sebelum melakukan pemindahan bibit. Jika kondisi tanah kering setelah aplikasi herbafarm granul segera siram dengan air sampai tanah terlihat basah dan lembab.

  • Perawatan Tanaman

Pada dasarnya herbafarm Granul bersifat Slow Release atau tidak langsung habis sehingga proses penyerapan hara oleh tanaman bisa berlangsung lebih lama. Jadi, aplikasi herbafarm pada tanaman durian selama masa tanam cukup dua kali setahun yaitu pada awal dan akhir musim hujan atau setiap 6 bulan sekali. Adapun dosis yang digunakan disesuaikan dengan usia tanaman durian.

  1. Usia 1-3 tahun setelah tanam menggunakan dosis 2 sendok makan diberikan pertama kali pada saat tanaman berusia 6 bulan setelah tanam.
  2. Usia 3-5 tahun setelah tanam menggunakan dosis 4 sendok makan perpohon.
  3. Usia 5-10 tahun setelah tanam menggunakan dosis 6 sendok makan perpohon.
  4. Usia 10 tahun ke atas menggunakan dosis 8 sendok makan perpohon

Aplikasi dilakukan dengan menebarkan herbafarm granul disekitar area pengakaran dengan jarak sejajar dengan bagian daun terluar tanaman durian. Pemupukan juga bisa dilakukan dengan membuat lubang 4-8 titik disekitar area pengakaran dengan jarak yang sama pada aplikasi tebar langsung.

  • Catatan tambahan

Sebelum aplikasi pupuk granul herbafarm lebih baik jika difermentasi terlebih dahulu menggunakan Pupuk Herbafarm Cair selama 12 jam. Namun jika tidak herbafarm cair tetap bisa langsung diaplikasikan dengan cara dan dosis penggunaan di atas.

Aplikasi herbafarm granul sangat cocok diaplikasikan bersamaan dengan pupuk kandang atau pupuk kompos sebagai pupuk dasar. Dikombinasikan pupuk herbafarm cair untuk perawatan tanaman selama masa tanam.

Herbafarm granul tidak boleh diaplikasikan bersamaan atau dicampur dengan pupuk anorganik (kimia) dan pestisida kimia. Penggunaan pupuk kimia atau pestisida dilakukan dengan selang 10 hari setelah atau sebelum penggunaan herbafarm granul.

Manfaat Pupuk Herbafarm Granul Untuk Durian

Manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan pupuk herbafarm granul untuk tanaman durian adalah sebagai berikut:

  1. Herbafarm granul berperan sebagai dekomposer atau penyedia nutrisi alam untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman durian untuk tumbuh subur dan menghasilkan buah yang lebat.
  2. Berperan untuk meningkatkan daya tahan tanaman durian sehingga lebih tahan terhadap cuaca ekstrim, serangan hama dan penyakit.
  3. Merangsang dan mempercepat tumbuhnya tunas sehingga tanaman durian menjadi lebih subur.
Lihat Juga: Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Granul Untuk Tanaman Cengkeh.

Harga Pupuk Herbafarm Granul Dan Cara Pemesanan

Untuk anda yang tertarik menggunakan pupuk herbafarm granul dapat melakukan pemesanan melalui Agen Pupuk Herbafarm terdekat di daerah anda atau memesan langsung melalui marketplace pavorit anda. Harga pupuk herbafarm granul disetiap daerah berbeda-beda karena adanya perbedaan biaya operasional dari masing-masing agen.

Demikianlah ulasan tentang cara penggunaan pupuk herbafarm granul untuk tanaman durian. Semoga bisa membantu anda dalam mengaplikasikan pupuk granul dari herbafarm tersebut untuk budidaya tanaman durian anda. Temukan juga informasi Pupuk Tanaman lainnya pada postingan berikutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama