Cara Penggunaan Pupuk Supernasa Untuk Padi Agar Tumbuh Subur

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam budidaya tanaman padi adalah tingkat kesuburan tanah. Tanah yang subur akan mampu memberikan nutrisi yang cukup bagi tanaman padi untuk tumbuh dengan baik dan menghasilkan bulir padi berkualitas dalam jumlah yang banyak. Upaya untuk menjaga dan meningkatkan kesuburan tanah adalah dengan pemberian pupuk dasar sebelum melakukan penanaman dan pupuk lanjutan selama masa tanam. Salah satu jenis pupuk yang cocok digunakan sebagai pupuk dasar dan juga bisa untuk pupuk lanjutan adalah Supernasa. Seperti apa cara penggunaan Supernasa untuk padi? Langsung saja simak ulasannya berikut ini!

Supernasa Untuk Padi

Apa Itu Pupuk Supernasa?

Supernasa atau yang sekarang dipasarkan dengan merk baru SPRNASA merupakan pupuk organik padat (POP) produksi PT Natural Nusantara yang berperan untuk memperbaiki kondisi tanah secara fisik, kimia dan biologi. Perbaikan secara fisik adalah dengan menggemburkan kembali tanah yang sudah keras. Perbaikan secara kimia adalah dengan menyediakan hara esensial bagi tanaman dari dalam tanah. Sementara perbaikan secara biologis adalah dengan meningkatkan perkembangan mikro organisme tanah yang bermanfaat bagi tanaman.

  • Nama Produk: Supernasa
  • Produksi: PT Natural Nusantara
  • Kemasan: 250 Gram dan 3 Kilogram
  • Jenis: Pupuk Organik
  • Aplikasi: Semua Jenis Tanaman

Cara Penggunaan Supernasa Untuk Padi

Pupuk Organik Supernasa sangat cocok diaplikasikan pada tanaman padi sebagai penyedia nutrisi awal bagi tanaman untuk dapat tumbuh subur. Untuk hasil lebih maksimal lagi maka pemakaian pupuk supernasa untuk padi sebaiknya dikombinasikan dengan penggunaan produk pupuk nasa lainnya seperti POC Nasa dan Hormonik serta bisa ditambahkan dengan power nutrition juga sebagai tambahan perangsang pembentukan bulir padi.

Adapun cara aplikasi pupuk supernasa untuk tanaman padi adalah sebagai berikut:

  • Aplikasi Sebagai Pupuk Dasar

Pemakaian pupuk supernasa pada tanaman padi yang pertama adalah sebagai pupuk dasar setelah melakukan olah lahan. Dosis yang digunakan adalah 1 sendok makan POP Supernasa dilarutkan dalam 10 liter air. Larutan tersebut diaduk sampai tercampur rata atau homogen. Selanjutnya digunakan untuk menyiram 10 meter persegi bedengan sawah.

  • Aplikasi Sebagai Pupuk Lanjutan

Pilihan ini dilakukan jika ingin menggunakan pupuk supernasa sebagai pupuk tunggal atau tanpa menggunakan produk pupuk nasa lainnya. Cara pemupukannya dimulai dengan membuat larutan induk terlebih dahulu. Caranya adalah dengan melarutkan 1 botol supernasa kemasan 250 Gram ke dalam 3 liter air. Larutan induk tersebut didiamkan atau difermentasi selama satu malam sebelum mulai diaplikasikan. Dari larutan induk tersebut diambil 250 cc atau 1 gelas air mineral kemudian dicampurkan dengan 500 liter air lalu disiramkan atau dikocorkan ke lahan budidaya tanaman padi. Pemupukan dilakukan setiap 2 minggu sekali atau 4 kali selama masa tanam.

  • Waktu pemupukan sebaiknya dilakukan pada pagi sebelum pukul 08.00 atau sore hari setelah pukul 16.00.
  • Penggunaan pupuk supernasa mampu mengurangi penggunaan pupuk makro NPK sampai 50% dari dosis anjuran.

Manfaat Pupuk Supernasa Untuk Tanaman Padi

Pupuk supernasa berperan sebagai pembenah tanah atau starter kesuburan. Manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan supernasa untuk padi adalah sebagai berikut:

  • Memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah yang akan dijadikan sebagai lahan budidaya tanaman padi.
  • Memberikan semua jenis unsur hara makro dan mikro yang dibutuhkan oleh tanaman padi untuk dapat tumbuh subur dan menghasilkan produksi secara maksimal.
  • Memacu pertumbuhan, merangsang pembentukan bulir padi dan Mengurangi kerontokan pada bulir padi sehingga produksi bisa maksimal.
  • Meningkatkan produktivitas produksi padi baik secara kualitas dan kuantitas (jumlah).
  • Melarutkan sisa–sisa kimia yang berasal dari pupuk anorganik maupun pestisida dalam tanah, sehingga dapat dimanfaatkan kembali oleh tanaman.

Demikianlah ulasan tentang Cara Penggunaan Supernasa Untuk Padi, semoga bermanfaat. Temukan juga informasi Pupuk Tanaman lainnya pada postingan berikutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama