Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Cair Untuk Tanaman Karet

Budidaya tanaman karet adalah sebuah proses panjang yang membutuhkan perawatan ekstra agar tanaman bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan produksi maksimal. Salah satu bentuk perawatan yang diberikan adalah dengan pemupukan seimbang. Salah satu jenis pupuk yang cocok digunakan untuk budidaya tanaman karet adalah Pupuk Organik Cair Herbafarm.

Herbafarm Cair Untuk Karet

Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Cair Untuk Tanaman Karet Agar Produksi Maksimal

Cara penggunaan pupuk Herbafarm cair untuk karet sebaiknya dilakukan secara rutin agar hasilnya maksimal. Pemupukan dilakukan mulai dari tahap awal budidaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman karet agar bisa tumbuh subur dan menghasilkan produksi secara maksimal. Tahapan pemupukan tanaman karet menggunakan POC Herbafarm dilakukan mulai masa pembibitan sampai perawatan tanaman setelah tanam. Langsung saja simak ulasannya berikut ini!

  • Perawatan Bibit Karet

Tahap awal pemakaian pupuk Herbafarm cair pada budidaya tanaman karet dilakukan pada masa pembibitan. Tahapan ini bisa anda lewati jika membeli bibit yang siap tanam. Untuk yang melakukan perawatan bibit maka perlu melakukan penyemprotan secara rutin setiap 2 minggu sekali dengan dosis rendah. Adapun dosis yang digunakan adalah 30 ml (3 tutup botol) untuk 1 tangki berukuran 14 liter air. Penyemprotan dilakukan secara merata dengan setelah keluaran air paling halus. 

  • Persiapan Lubang Tanam

Pada persiapan lubang tanam ini sebaiknya menggunakan pupuk organik berupa pupuk kandang atau kompos yang benar-benar matang. Anda juga bisa menggunakan pupuk Herbafarm Granul jika ingin menggunakan paket lengkap herbafarm. Setelah pemberian pupuk dasar langkah selanjutnya adalah dengan menyiram lubang tanam tersebut dengan larutan pupuk herbafarm. Dosis yang digunakan adalah 10 ml ditambahkan 5 liter air digunakan untuk 5 lubang tanam. Selanjutnya didiamkan selama 1 minggu sebelum melakukan pemindahan bibit.

  • Perawatan Selama Masa Tanam

Pemupukan tanaman karet menggunakan Herbafarm cair selama masa tanam dilakukan secara rutin agar hasilnya maksimal. Oleh karena itu sebaiknya dibuatkan tabel pemupukan tanaman karet menggunakan pupuk Herbafarm. Adapun tahapan jadwal pemupukan karet setelah tanam adalah sebagai berikut:

Pemupukan Tahap Pertama

Usia 3 bulan pertama setelah tanam adalah masa dimana tanaman karet tidak boleh kekurangan nutrisi agar memiliki daya tahan terhadap serangan hama dan penyakit. Oleh karena itu sangat perlu melakukan pemupukan secara rutin menggunakan pupuk herbafarm. Pemupukan sebaiknya dilakukan setiap 2 minggu sekali dimulai dari 14 hari setelah tanam lalu dilanjutkan pada hari ke 28, 42, 56, 70 dan 84 HST. Pada tahapan ini cukup menggunakan dosis rendah yaitu 30 ml untuk 1 tangki berukuran 14 liter air. Penyemprotan dilakukan secara merata ke seluruh bagian tanaman dan area pengakaran.

Pemupukan Tahap Kedua

Setelah pemupukan pada usia 3 bulan pertama sebanyak 6 kali maka pemupukan selanjutnya dilakukan setiap 1 bulan sekali sampai tanaman karet berusia 1 tahun. Pemupukan tahap kedua ini pertama kali dilakukan pada saat tanaman berusia 120 hari setelah tanam atau 30 hari setelah pemupukan tahap pertama selesai. Pemupukan diulangi setiap 2 bulan sekali yaitu pada usia 180, 240, dan 360 setelah tanam. Adapun dosis yang digunakan adalah 40 ml liter herbafarm cair untuk 1 tangki 14 liter air.

Pemupukan Tahap Ketiga

Pada pemupukan tahap ketiga ini interval pemupukan dilakukan setiap 3 bulan sekali. Dosis pemupukan yang digunakan adalah 60 ml untuk 1 tangki 14 liter air. Pemupukan diulangi setiap 3 bulan sekali sampai tanaman karet berusia 3 tahun.

Pemupukan Tahap Keempat

Pemupukan tanaman karet tahap keempat ini dilakukan secara rutin selama masa tanam karet. Interval pemupukan dilakukan setiap 3 bulan sekali. Adapun dosis yang digunakan adalah 4-6 tutup botol perpohon disesuaikan dengan usia tanaman. Pemupukan dilakukan dengan teknik kocor langsung ke sekitar area pengakaran dengan jarak sekitar 1 meter dari pohonnya.

Catatan Tambahan:

  1. Larutan Herbafarm diaduk sampai tercampur rata (Homogen) sebelum diaplikasikan pada lahan atau tanaman.
  2. Pemupukan dilakukan pada pagi sebelum pukul 08.00 atau sore setelah pukul 16.00
  3. Penggunaan pupuk herbafarm cair tidak boleh dilakukan bersamaan atau dicampur dengan pestisida atau pupuk kimia.
  4. Pupuk Kimia atau pestisida digunakan dengan selang waktu antara 5-7 hari setelah atau sebelum penggunaan pupuk organik herbafarm cair.

Demikianlah ulasan tentang Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Cair Untuk Tanaman Karet, semoga bisa membantu anda dalam mengaplikasikan pupuk herbafarm dengan benar. Lihat juga informasi Pupuk Tanaman lainnya pada postingan berikutnya.


 web.viotani.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama