Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Cair Untuk Tanaman Kakao

Tanaman kakao merupakan salah satu jenis tanaman perkebunan yang membutuhkan perawatan intensif selama masa tanam terutama pemberian pupuk. Pemupukan tanaman kakao harus dilakukan secara berimbang agar bisa tumbuh subur dan berbuah lebat. Salah satu jenis pupuk yang cocok digunakan mulai dari awal tanam sampai berbuah adalah pupuk organik cair herbafarm dari PT Sidomuncul Pupuk Nusantara.

Untuk anda yang tertarik untuk mencobanya silahkan simak ulasannya berikut ini.

Herbafarm Cair Untuk Kakao

Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Cair Untuk Kakao

Pupuk herbafarm cair untuk tanaman kakao diaplikasikan mulai dari persiapan bibit sampai tanaman kakao menghasilkan produksi atau perawatan selama masa tanam. Apalikasi pupuk herbafarm cair sebaiknya dilakukan secara rutin dengan mengikuti tabel pemupukan kakao yang sudah dibuat. Adapun petunjuk teknis penggunaan pupuk herbafarm untuk kakao adalah sebagai berikut.
  • Persiapan Bibit

Pada tahapan persiapan bibit kakao, penggunaan pupuk herbafarm cair dimulai dari persiapan benih. Benih kakao direndam terlebih dahulu dengan menggunakan larutan herbafarm selama 15 menit. Dosis yang digunakan untuk membuat larutan herbafarm cair adalah 10ml untuk 5 liter air, jumlahnya bisa disesuaikan dengan banyak biji kakao yang akan dibibit.

Aplikasi pupuk herbafarm cair selanjutnya dilakukan pada saat persiapan media pembibitan. Media pembibitan yang telah dimasukkan ke dalam polybag disiram dengan menggunakan larutan herbafarm cair sampai terlihat basah dan lembab. Dosis yang digunakan adalah 10ml untuk 5 liter air. Satu minggu setelah aplikasi herbafarm benih kakao siap dimasukkan ke dalam polybag.

Penggunaan pupuk herbafarm cair untuk perawatan bibit kakao dilakukan secara berkala. Aplikasi dilakkan setiap minggu dengan cara penyemprotan. Dosis yang digunakan adalah 30ml untuk 14 liter air.

  • Persapan Lubang Tanam

Pada persiapan lubang tanamn aplikasi pupuk herbafarm cair sangat penting dilakukan untuk menyiapkan nutrisi bagi tanaman kakao yang baru pindah tanam. Aplikasi dilakukan setelah penambahan pupuk kandang atau kompos ke dalam lubang tanam. Setiap lubang tanam disiram dengan disiram dengan menggunakan larutan herbafarm cair sampai terlihat basah dan lembab. Dosis yang digunakan adalah 10ml untuk 2 liter air. Selanjutnya diamkan selama 1 minggu sebelum bibit dipindahkan ke lubang tanam.

  • Perawatan Tanaman

Pada masa perawatan tanaman sebaiknya dibuatkan tabel pemupukan kakao agar proses pemupukannya berjalan maksimal. Adapun tahapan pemupukan tanaman kakao menggunakan pupuk organik cair herbafarm selama masa tanam adalah sebagai berikut:

Tanaman kakao usia 0-1 tahun menggunakan dosis 30 ml ditambahkan dengan 14 liter air. Aplikasi dilakukan dengan teknik penyemprotan secara merata ke seluruh bagian tanaman dan area pengakaran. Aplikasi dilakukan setiap 1 bulan sekali.

Tanaman kakao usia 1-3 tahun menggunakan dosis 40ml untuk 1 tangki 14 liter air. Cara aplikasinya adalah dengan penyemprotan ke seluruh bagian tanaman dan area pengakaran. Aplikasi dilakukan setiap 2 bulan sekali.

Pada saat tanaman kakao sudah berusia 3-5 tahun maka aplikasi bisa dilakukan dengan teknik penyemprotan, penyiraman atau kocor langsung. Untuk teknik penyemprotan dosis yang digunakan adalah 60ml per tangki dengan aplikasi setiap 3 bulan sekali. Aplikasi dengan teknik penyiraman menggunakan dosis 20ml untuk 2-5 liter air per pohon (disesuaikan kondisi tanah dan besarnya tanaman kakao). Penyiraman dilakukan setiap 3 bulan sekali. Sementara untuk teknik kocor langsung tanpa dicampurkan dengan air dosis yang digunakan adalah 40ml per pohon dengan menuangkan pupuk herbafarm cair secara langsung ditanah sekitar area pengakaran. Jaraknya sekitar 1 meter atau sejajar bagian terluar daun tanaman kakao.

Tanaman kakao usia 5 tahun ke atas penggunaan pupuk herbafarm bisa dilakukan dengan teknik penyiraman dan kocor langsung tanpa air. Untuk penyiraman menggunakan dosis 40ml untuk 2-5 liter disiramkan pada 1 pohon kakao. Pemupukan dilakukan setiap 4 bulan sekali. Untuk teknik kocor dosis yang digunakan adalah 60-80 ml untuk 1 pohon kakao, disesuaikan dengan besarnya tanaman kakao. Pemupukan dilakukan setiap 4 bulan sekali.

Catatan: Pemupukan dilakukan sampai tanaman kakao mulai berbunga. Apabila tanaman kakao sudah berbungan hentikan pemupukan terlebih dahulu dan lanjutkan setelah bunga berubah menjadi buah.

 Lihat Juga: Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Untuk Tanaman Vanili.

Tentang Produk

Demikianlah ulasan tentang cara penggunaan pupuk herbafarm cair untuk tanaman kakao, semoga bermanfaat. Temukan juga informasi Pupuk Tanaman lainnya pada postingan berikutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama