Cara Penggunaan Pupuk Herbafarm Cair Untuk Tanaman Bawang Merah

Budidaya tanaman bawang merah membutuhkan perawatan intensif selama masa perawatan terutama pengendalian hama dan pemberian pupuk. Pemupukan tanaman bawang merah harus dilakukan secara rutin agar nutrisi yang dibutuhkan untuk memproduksi umbi berkualitas bisa tercukupi. Salah satu jenis pupuk bawang merah yang bisa anda gunakan adalah Pupuk Herbafarm Cair dari PT Sidomuncul Pupuk Nusantara. Pupuk organik cair ini sangat praktis diaplikasikan pada budidaya tanaman bawang merah.

Herbafarm Cair Untuk Bawang Merah

Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Untuk Bawang Merah

Untuk anda yang tertarik untuk menggunakan pupuk herbafarm cair untuk bawang memang tentunya harus memahami terlebih dahulu cara aplikasinya. Meskipun pada dasarnya aplikasinya cukup mudah namun perlu diketahui waktu, dosis dan teknik penggunaannya agar hasilnya lebih maksimal. Langsung saja simak tahapan pemakaian pupuk herbafarm cair untuk budidaya tanaman bawang merah berikut ini.

  • Persiapan Benih

Penggunaan pupuk herbafarm cair untuk bawang merah yang pertama adalah pada saat persiapan benih yang akan ditanam. Benih bawang merah terlebih dahulu diberikan perlakuan dengan larutan pupuk cair herbafarm. Caranya adalah dengan merendam benih yang sudah dipotong dengan larutan herbafarm cair. Dosis yang digunakan adalah 10 ml untuk 5 liter air, jumlah yang digunakan bisa disesuaikan dengan banyaknya bibit yang akan ditanam. Perendaman dilakukan selama 30 menit sebelum melakukan penanaman di lahan. Tujuan perendaman dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit tular bibit dan juga agar benih bawang merah cepat tumbuh.

  • Persiapan Lahan

Pemakaian pupuk herbafarm cair pada tanaman bawang merah berikutnya adalah pada saat persiapan lahan. Setelah mengolah tanah dan mempersiapkan bedengan maka terlebih dahulu disemprot dengan larutan herbafarm. Dosis yang digunakan adalah 60 ml untuk 1 tangki 14 liter air. Penyemprotan dilakukan secara merata di atas bedengan sampai tanah terlihat basah dan lembab. Setelah penyemprotan pupuk herbafarm lahan didiamkan selama satu minggu baru ditanami bibit bawang merah.

  • Perawatan Tanaman

Aplikasi pupuk herbafarm cair untuk tanaman bawang merah berikutnya dilakukan untuk perawatan selama masa tanam. Pada tahapan aplikasi ini sebaiknya dibuatkan tabel pemupukan bawang merah agar proses pemupukannya berjalan secara rutin dan maksimal. Untuk pemakaian pupuk herbafarm silahkan ikuti tahapan pemupukannya berikut ini.

Pemupukan tanaman bawang merah usia 1 bulan: Pemupukan pada tanaman bawang yang berusia 1 bulan dilakukan selama kali yaitu pemupukan setiap minggu sekali. Aplikasi pertama kali dilakukan pada saat usia 7 HST dan dilanjutkan pada usia 14, 21, dan 28 HST. Dosis yang digunakan adalah 30 ml untuk 1 tangki 14 liter air.

Pemupukan tanaman bawang merah usia 2 bulan: Pada saat tanaman bawang merah memasuki usia 2 bulan maka pemupukan dilakukan setiap 2 minggu sekali. Waktu pemupukan dilakukan pada saat tanaman berusia 42 dan 56 HST. Adapun dosis yang digunakan adalah 40 ml dicampurkan dengan 14 liter air dalam 1 tangki.

Jadi, untuk tanaman bawang merah dilakukan pemupukan sebanyak 6 kali aplikasi diluar perlakukan pada benih dan persiapan lahan.

  • Keterangan Tambahan

  1. Waktu pemupukan dilakukan pada pagi hari sebelum pukul 08.00 atau sore hari setelah pukul 16.00
  2. Aduk larutan herbafarm dalam tangki sampai tercampur rata (Homogen) sebelum diaplikasikan.
  3. Pastikan tangki semprot yang digunakan steril dari bahan kimia, sudah dicuci bersih menggunakan sabun apabila tangki semprot pernah digunakan aplikasi pestisida.
  4. Setel nozel sprayer sampai keluaran yang paling halus agar tidak merusak tanaman bawang merah dan hasil penyemprotan lebih merata.
  5. Penyemprotan diarahkan ke seluruh bagian tanaman terutama pada area pengakaran sampai tanah terlihat basah dan lembab.

Tentang Produk

Demikianlah ulasan tentang Cara Pemakaian Pupuk Herbafarm Cair Untuk Budidaya Tanaman Bawang Merah. Semoga bisa membantu anda dalam mengaplikasikan pupuk herbafarm dengan tepat. Temukan juga informasi dan rekomendasi Pupuk Tanaman lainnya pada postingan berikutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama