Manfaat Pupuk Fortune Untuk Daun, Bunga Dan Buah Tanaman

Budidaya tanaman tentunya tidak terlepas dari kebutuhan pupuk sebagai penyedia nutrisi dalam tanah. Nutrisi tersebut akan menjadi kebutuhan tanaman untuk tumbuh subur dan menghasilkan produksi yang maksimal secara kualitas dan kuantitas. Salah satu jenis pupuk yang aman untuk kelestarian lingkungan budidaya, manusia dan ternak adalah Pupuk Organik.

Sangat banyak produk pupuk organik yang beredar dan kadang membingungkan petani untuk memilih yang terbaik. Tentu saja karena setiap jenis pupuk memiliki keunggulan tersendiri. Pada kesempatan kali ini Viotani akan membahas tentang Pupuk Fortune, salah satu produk Pupuk Organik yang cocok diaplikasikan untuk semua jenis tanaman.

Apa Itu Pupuk Fortune?

Fortune Merupakan pupuk berbentuk cair yang terbuat dari bahan-bahan murni organik dan diperkaya nutrisi mikro lainnya. Pupuk yang telah mengantongi label Organik Indonesia ini sangat cocok diaplikasikan untuk semua jenis tanaman mulai dari tanaman holtikultura, tanaman buah, tanaman perkebunan sampai tanaman hias.

  • Kandungan

C-Organik 6,33%; N 3,26%; P2O5 4,11%; Fe 6,03 ppm, Mn 255,11 ppm, Cu 276,47 ppm, Zn 253,02 ppm, Co 5,16 ppm, Mo 3,48 pmm, B 127,11 ppm.

Pupuk ini mengandung asam humat dan berbagai mikroorganisme yang berfungsi sebagai penambat nitrogen (Azotobacter sp), pelarut fosfat (Streptomyces sp), penghasil fitohormon, perombak bahan organik dan pemelihara kesehatan tanaman (Trchoderma sp, Aspergilus sp, Lactobacilus sp, dll).

  • Manfaat

Manfaat pupuk Fortune sangat bagus untuk tanaman baik itu dalam masa Vegetatif atau generatif. Berikut ini gambaran manfaat selengkapnya.

  1. Mempercepat pertumbuhan akar, batang, dan daun tanaman.
  2. Meningkatkan ketahanan tanaman dari penyakit.
  3. Meningkatkan hasil panen.
  4. Menambah unsur hara makro & mikro dalam tanah.
  5. Mengurangi penggunaan pupuk kimia.
  6. Ramah terhadap lingkungan.
  7. Aman dan mudah dalam aplikasi.
  8. Dapat diaplikasikan semprot atau kocor.
  9. Mengandung bahan alami yang tidak disukai hama, penyakit.
  10. Mengandung biostimulator dan mikroorganisme alami yang bermanfaat bagi tanaman.
  • Cara Aplikasi Dan Dosis Yang Digunakan

Pupuk Fortune dapat diaplikasikan dengan teknik penyemprotan dan kocor secara langsung ke batang tanaman. Adapun dosis yang digunakan adalah sebagai berikut:

3-5 ml/ liter air atau 5-8 tutup kemasan per tangki semprot (16 Ltr) utk awal penyemprotan (14-20 HST)

8-10ml/ liter air atau 10-15 tutup kemasan per tangki semprot (16 Ltr) setelah tanaman dewasa (>35 HST)

Catatan:

  • Untuk aplikasi kocor konsentrasi 2X dari semprot
  • POC Fortune lebih optimal jika disertai penggunaan pupuk dasar atau pelengkap 
  • POC fortune bisa digunakan sebagai dekomposer/pengurai

Lihat Juga: Manfaat Power Nutrition Nasa

Demikianlah ulasan tentang Pupuk Fortune, semoga bisa membantu anda dalam memilih jenis pupuk yang akan diaplikasikan pada tanaman yang anda budidayakan. Temukan jenis Pupuk Tanaman lainnya pada postingan berikutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama