Fungsi Mordenfol Untuk Pupuk Fase Vegetatif Dan Perlindungan Tanaman

Fase vegetatif atau masa awal pertumbuhan tanaman merupakan fase dimana kebutuhan nutrisi tanaman sangat penting untuk diperhatikan. Pemberian nutrisi ini untuk memastikan tanaman bisa tumbuh subur dan memasuki masa peralihan ke fase generatif untuk siap memproduksi buah, umbi atau bulir secara maksimal. Tanaman yang tumbuh subur pada fase vegetatif pun cenderung lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Mordenfol memiliki fungsi yang sangat baik untuk pemenuhan nutrisi tanaman pada fase vegetatif menuju fase generatif. Jika anda berminat pupuk cair yang satu ini, silahkan lihat ulasan lengkapnya berikut ini.

Pupuk Mordenfol

Apa Itu Pupuk Morden fol?

Sebelum lanjut pada pembahasan tentang Fungsi mordenfol pada tanaman, terlebih dahulu harus diketahui apa itu pupuk mordenfol.

Pupuk mordenfol adalahPupuk cair dalam bentuk senyawa magnesium pirofosfat instan high concentrate, digunakan terutama saat tanaman membutuhkan suplai energy tinggi yaitu fase pertumbuhan awal, fase pembentukan bunga, dan saat mengalami serangan penyakit / cuaca buruk.

Terdapat fase-fase dimana tanaman membutuhkan suplai energi yang cukup tinggi, diantaranya fase pertumbuhan awal setelah pindah tanam, fase pembentukan bunga dan calon buah, saat tanaman sedang mengalami tekanan lingkungan (cuaca / iklim), serta saat tanaman berupaya memulihkan sel-selnya setelah terdampak serangan hama dan penyakit.

Energi pada tanaman diperoleh dari sinar matahari dan unsur-unsur. Fosfat sangat penting bagi tanaman sebagai pembentuk Adenosine Tri Phosphate (ATP) dan Adenosine Di-phosphate (ADP) yang menyimpan energi metabolisme dan mentransfernya ke organ-organ aktif.

Fosfat juga sebagai komponen dalam asam nukleat dalam RNA maupun DNA. Dalam berbagai penelitian, tanaman yang dicukupi fosfatnya akan menghasilkan generasi yang tidak jauh dari induknya sehingga dalam penangkaran benih, pemenuhan unsur fosfat menjadi hal yang penting.

Komposisi, Spesifikasi dan Varian Kemasan

Sebelum memilih salah satu jenis pupuk untuk diaplikasikan pada tanaman tentunya harus memahami terlebih dahulu spesifikasi dan komposisi atau kandungan dalam pupuk tersebut. Berikut ini kompoisi dan spesifikasi dari pupuk mordenfol.

  • Komposisi
Piridoxin Magnesium Pirofosfat 43 % yang setara dengan :
  1. P2O5: 26 %
  2. MgO: 3.300 ppm
  3. Fe-EDTA: 4.200 ppm
  • Spesifikasi
  1. Fisik cairan larut air berwarna kuning.
  2. Kemasan botol plastik PET.
  • Varian Kemasan

Pupuk Mordenfol tersedia dalam 3 varian kemasan yaitu kemasan 250 ml, 500 ml dan kemasan 1 liter. Dengan adanya varian kemasan ini tentunya anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari budidaya tanaman di pekarangan rumah, pertanian lahan sempit sampai lahan luas.

Mordenfol Kemasan 250ml

Mordenfol Kemasan 500ml

Mordenfol Kemasan 1 Liter

Fungsi Pupuk Mordenfol

Fungsi mordenfol sangat baik untuk menjaga kesuburan tanaman terutama pada fase peralihan dari vegetatif ke generatif. Pupuk Mordenful juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk melakukan pemulihan kondisi tanaman setelah terserang hama atau penyakit. Adapun manfaat lengkap yang bisa didapatkan dari penggunaan pupuk mordenfol pada tanaman adalah sebagai berikut:

  • Merangsang pembentukan bulu dan serabut akar, tunas, cabang, anakan.
  • Merangsang bunga produktif, meningkatkan kepadatan polong mupun biji-bijian.
  • Meningkatkan pembentukan energi pada saat fase-fase kritis tanaman terutama pada fase peralihan sehingga kondisi tanaman tetap prima di saat fase generative.
  • Meningkatkan energi saat pemulihan kondisi tanaman setelah terserang hama/ penyakit.
  • Meningkatkan pembentukan biji-bijian, polon dan bulir padi.
  • Mempertahankan kadar klorofil (zat hijau daun) pada tanaman dewasa.

Keunggulan Pupuk Cair Mordenfol

Selain karena fungsi mordenfol yang sangat dibutuhkan oleh tanaman, terutama pada fase peralihan. Pupuk Mordenfol menjadi pilihan petani karena memiliki beberapa keunggulan yang tidak ditemukan pada pupuk cair lainnya.

  • Dalam bentuk ortofosfat yang instan yang mudah bereaksi dengan zat-zat organik di dalam tanaman sehingga lebih siap dan cepat dimanfaatkan.
  • Diformulasi dari bahan-bahan teknikal dengan kemurnian tinggi.
  • Rendah kristal & tidak mengakumulasi residu kristal pada permukaan tanaman yang beresiko plasmolisis. 

Lihat Juga: Kalinet Pupuk Kalium Cair Untuk Fase Generatif Tanaman.

Demikianlah ulasan tentang Pupuk Mordenfol, semoga bisa membantu anda dalam menemukan pupuk terbaik untuk fase vegetatif tanaman anda. Temukan juga informasi dan rekomendasi Pupuk Tanaman lainnya pada postingan berikutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama