Herbafarm Pupuk Organik Untuk Semua Jenis Tanaman

Herbafarm merukan salah satu jenis pupuk organik terbaik di Indonesia. Pupuk Herbafarm dapat diaplikasikan untuk semua jenis tanaman. Aplikasi bisa dilakukan mulai dari persiapan bibit/ benih, pengolahan tanah sampai perawatan tanaman atau pupuk lanjutan. Cara aplikasi pupuk herbafarm dapat dilakukan dengan teknik penyemprotan dan kocor untuk yang cair dan tabur langsung dan benamkan ke dalam tanah untuk yang granul.

Tertarik untuk menggunakan pupuk yang satu ini untuk budidaya tanaman anda? Simak ulasan dari Viotani berikut ini!

Pupuk Herbafarm

Apa Itu Pupuk Herbafarm?

Pupuk Herbafarm adalah pupuk organik yang diproduksi oleh PT Sidomuncul Pupuk Nusantara. Diproses dari hasil samping produk jamu yang berbahan baku tanaman obat dan rempah-rempah melalui proses Biological Complex Process (BPC). Diperkaya dengan unsur hara makro dan mikro esensial, mikroba Biofertilizer berperan dalam penambatan/ penyerapan oleh tanaman.

  • Kandungan

Kandungan Hara Mineral: Karbon, Nitrogen, Phosphat, Kalium, Seng, Cuprum, Mangan, Cobalt, Boron, Molibdenom, dan Besi.

Kandungan Mikroba: Azobactor sp, Azospririllum sp, Bakteri Pelarut Fosfat, Lactobacillus sp, Pseudomonas sp, Bakteri Selulotik, Rhizobum, dan Trichoderma.

  • Jenis

Pupuk Herbafarm terdiri dari dua jenis yaitu pupuk cair dan granul. Untuk pupuk cair terdiri dari dua varian kemasan yaitu 1 liter dan 5 liter. Sementara untuk pupuk granul hanya tersedia dalam kemasan 5 Kilogram.

  • Keunggulan dan Manfaat

Herbafarm memiliki keunggulan dan manfaat yang sangat dibutuhkan oleh tanaman sebagai berikut:

  1. Memacu pembuahan dan kesuburan daun
  2. Menguatkan batang tanaman
  3. Mengurai residu dan penyedia hara dalam tanah
  4. Meningkatkan daya tahan tanaman dari serangan hama dan penyakit

Cara Aplikasi Pupuk Herbafarm

Pupuk Herbafarm dapat diaplikasikan sebagai pupuk dasar pada saat pengolahan tanah dan saat perawatan tanaman atau pupuk lanjutan. Cara aplikasinya pun sangat mudah dan bisa dilakukan bahkan oleh petani pemula sekalipun. Secara umum berikut ini panduan cara aplikasi pupuk herbafarm cair dan granul.

Aplikasi Pupuk Herbafarm Cair

Aplikasi herbafarm cair dilakukan secara bertahap mulai dari persiapan lahan tanam, penanaman benih dan perawatan tanaman selama masa tanam. Adapun panduan cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • Pupuk Bio Organik Cair Herbafarm diencerkan dengan air. Setiap satu tutup botol (10 ml) diencerkan dengan 2-5 liter air.
  • Larutan Herbafarm digunakan untuk merendam benih sebelum ditanam, disemprotkan ke lahan setelah olah tanah dan sebelum penanaman, disemprotkan ke daerah sekitar akar/ batang.
  • Penyemprotan dilakukan dengan selang 7-10 hari sampai tanaman berbungan.
  • Aplikasi dilakukan pada pagi hari sebelum pukul 08.00 atau sore hari setelah pukul 16.00.
  • Penggunaan pada tanaman besar (Pohon) dewasa dilakukan dengan cara disiramkan di daerah sekitar perakaran tanaman.
  • Aplikasi pupuk bio organik cair herbafaram tidak boleh dilakukan bersamaan dengan aplikasi pestisida, herbisida kimia dan pupuk kimia. Jika sprayer baru saja digunakan untuk aplikasi pestisida atau herbisida kimia, maka harus dicuci hingga bersih menggunakan sabun.
  • Aplikasi pupuk bio organik cair herbafarm dan pestisida/ herbisida kimia dilakukan dengan selang 3-5 hari.
  • Aplikasi pupuk bio organik cair herbafarm akan lebih baik dilakukan dengan menggunakan pupuk organik padat, seperti Herbafarm Granul, kompos atau pupuk kandang. 
Aplikasi Pupuk Herbafarm Granul

Pupuk Herbafarm Granul pada dasarnya sangat cocok digunakan sebagai pupuk dasar. Namun aplikasi sebagai pupuk lanjutan atau perawatan tanaman juga sangat baik apalagi jika dikombinasikan dengan herbafarm cair. Berikut ini cara aplikasinya.

  • Gunakan herbafarm granul sebagai pupuk dasar atau tahap awal pengolahan tanah dengan cara menaburkan secara merata ke tanah atau dibenamkan ke dalam tanah pada lubang tanam.
  • Dosis penggunaan herbafarm granul 15-30 Kilogram per hektar atau disesuaikan jenis tanaman.
  • Tanah sebaiknya dalam kondisi lembab (tidak kering), bila kondisi tanah kering, setelah herbafarm granul diaplikasikan segera siram dengan air.
  • Penggunaan herbafarm granul tidak boleh bersamaan dengan pupuk kimia dan pestisida. Penggunaan pupuk kimia dan pestisida dapat digunakan 3-7 hari kemudian.
Untuk hasil yang optimal kombinasikan dengan pupuk bio organik cair herbafarm sebagai pupuk lanjutan dengan cara dituangkan atau disemprot satu minggu sekali.

Demikian informasi tentang Pupuk Herbafarm, semoga bermanfaat. Dapatkan update informasi tentang Pupuk Tanaman lainnya pada postingan berikutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama